KASIH=SETIA, KEADILAN=SEJAHTERA

Mazmur 85 : 9-14

9 Aku mau mendengar apa yang hendak difirmankan Allah, Tuhan.Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai kepada umat-Nya dan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya,supaya jangan mereka kembali kepada kebodohan? 10 Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita. 11 Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman. 12 Kesetiaan akan tumbuh dari bumi,dan keadilan akan menjenguk dari langit. 13 Bahkan Tuhan akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya. 14 Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan akan membuat jejak kaki-Nya menjadi jalan.

Sobat Teruna, siapakah yang pernah ditegur oleh orangtuanya ketika bermain game terlalu lama? Pasti kita sebal. Kita merasa bermain game itu sangat mengasyikkan. Namun, ada juga banyak orang yang tidak pernah dimarahi oleh orangtuanya ketika bermain game terlalu lama.

Sobat Teruna, Mazmur 85 ini menyaksikan bahwa bangsa Israel mengangkat doanya memohon kasih Allah untuk memberikan hidup yang nyaman seperti kehidupan bangsa Israel semula. Allah mau mendengar doa dan keluhan umat Israel saat itu, tapi Allah juga menuntut dan mendidik bangsa Israel untuk mau hidup setia dan hidup rukun satu dengan lainnya penuh damai sejahtera. Kita tahu bangsa Israel beberapa kali mendukakan hati Allah dengan pembuatan patung dewa-dewa dan senang bertengkar.

Didikan seseorang atas kita menandakan bahwa orang tersebut mengasihi kita. Mereka adalah Allah, orang tua, opa, oma, kakak, guru dan siapa pun yang memberi nilai-nilai baik bagi kita. Apabila mereka tidak mengasihi kita maka mereka akan cuek dan tidak peduli apakah kita menjadi pribadi yang baik atau tidak. Teguran orangtua untuk tidak bermain game terlalu lama adalah wujud kasih. Mereka akan ikut sedih bila mata kita sakit, sementara orangtua yang tidak menegur ketika anaknya berbuat salah, justru orang tua yang kurang mengasihi, tidak peduli dan tidak mau repot. Teguran dan didikan akan membentuk kita menjadi teruna yang lebih baik.

Sobat Teruna, kasih Allah akan kita rasakan apabila kita mau hidup setia dan patuh, juga keadilan-Nya akan nyata apabila kita mau memelihara damai sejahtera dengan sesama.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Aku bersyukur dengan setiap ajaran, teguran dan didikan orangtuaku ya Tuhan. Biarlah aku menjadikan semua itu sebagai sesuatu yang berharga untuk membentukku menjadi lebih baik.