PEMIMPIN UMAT

Maleakhi 2:5-6

5 Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya -- pada pihak lain ketakutan -- dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku. 6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.

Sobat Teruna apakah ada yang pernah dicalonkan sebagai ketua? Bisa ketua kelas, ketua kelompok atau ketua tim basket bahkan kapten sepak bola? Senang ya kalau akhirnya kita dipilih dan menjabat sebagai ketua. Keren rasanya bahwa kita bisa menjadi pemimpin.

Namun jangan senangnya saja. Sebenarnya tugas seorang ketua sangatlah berat dan tidak mudah. Melalui Maleakhi dalam renungan hari ini, kita melihat bagaiman Tuhan menegur para Imam yang adalah pemimpin agama bangsa israel. Ada kekeliruan dan kesalahan dalam kepemimpinan para Imam saat itu. Allah akan mendatangkan kutuk bahkan berkat-berkat yang awalnya disediakan akan diubah menjadi kutuk karena para Imam kurang memperhatikan ketentuan- ketentuan Allah dalam memimpin (ayat 2). Terlihat jelas bagaimana seharusnya seorang pemimpin. Merekalah yang paling bertanggung jawab untuk setiap kondisi yang terjadi.

Lalu sekarang, kalau ternyata kita bukan seorang ketua kelas atau ketua tim maka kita terbebas dari tanggung jawab itu? Tentu tidak. Kita ini sudah dimateraikan Kristus sebagai anak Raja. Ahli waris kerajaan- Nya, berarti kita adalah seorang pimpinan juga. Kita harus bertanggung jawab dengan hidup kita, bertanggung jawab dengan materai yang telah diberikan kepada kita. “Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku...........”

Sobat Teruna, Allah menuntut kita yang sudah mengenal Kristus untuk memelihara hidup kita dari kecurangan dan selalu menjadi pembawa damai sejahtera dan kejujuran supaya kita bisa memimpin orang lain masuk ke dalam kerajaan-Nya kelak. Seperti tertulis dalam ayat ke-6 “..........banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan”.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Kristus terimakasih bahwa Engkau telah menjadikan aku sebagai duta-Mu, pemimpin yang memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan damai sejahtera-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon