AMBIL BAGIAN MEMBANGUN BANGSA

22 May 2018

 

 

Nehemia 3:16-32

 

16 Di sampingnya Nehemia bin Azbuk, penguasa setengah wilayah Bet-Zur, mengadakan perbaikan sampai di depan pekuburan Daud dan sampai pada kolam buatan dan rumah para pahlawan. 17 Di sampingnya orang-orang Lewi mengadakan perbaikan, yakni Rehum bin Bani, dan berdekatan dengan dia Hasabya, penguasa setengah wilayah Kehila yang satu, untuk wilayahnya. 18 Di sampingnya saudara-saudara mereka, yakni Binui bin Henadad, penguasa setengah wilayah Kehila yang lain, mengadakan perbaikan. 19 Berdekatan dengan dia Ezer bin Yesua, penguasa Mizpa, memperbaiki bagian yang berikut, di depan pendakian ke gudang senjata, dekat Sudut. 20 Di sampingnya Barukh bin Zabai memperbaiki bagian yang berikut, dari Sudut sampai pada pintu masuk rumah imam besar Elyasib. 21 Di sampingnya Meremot bin Uria bin Hakos memperbaiki bagian yang berikut, dari pintu masuk rumah Elyasib sampai pada ujung rumah Elyasib. 22 Di sampingnya para imam, orang-orang dari Lembah Yordan, mengadakan perbaikan. 23 Di samping mereka Benyamin dan Hasub mengadakan perbaikan di depan rumah mereka. Di samping mereka Azarya bin Maaseya bin Ananya mengadakan perbaikan di samping rumahnya. 24 Di sampingnya Binui bin Henadad memperbaiki bagian yang berikut, dari rumah Azarya sampai Sudut dan sampai Penjuru. 25 Palal bin Uzai mengadakan perbaikan di depan Sudut dan di depan menara yang tinggi yang menonjol dari istana raja, dekat pelataran penjagaan. Di sampingnya Pedaya bin Paros mengadakan perbaikan 26 sampai di depan pintu gerbang Air, di sebelah timur, dan di depan menara yang menonjol. Adapun para budak di bait Allah tinggal di Ofel. 27 Di samping Pedaya orang-orang Tekoa memperbaiki bagian yang berikut, dari depan menara besar yang menonjol itu sampai tembok Ofel. 28 Mulai dari pintu gerbang Kuda para imam mengadakan perbaikan, masing-masing di depan rumahnya. 29 Di samping mereka Zadok bin Imer mengadakan perbaikan di depan rumahnya. Di sampingnya Semaya bin Sekhanya, penjaga pintu gerbang Timur. 30 Di sampingnya Hananya bin Selemya dan Hanun, anak Zalaf yang keenam, memperbaiki bagian yang berikut. Di samping mereka Mesulam bin Berekhya mengadakan perbaikan di depan biliknya. 31 Di sampingnya Malkia, seorang tukang emas, mengadakan perbaikan sampai pada rumah para budak di bait Allah dan para pedagang, di depan pintu gerbang Pendaftaran dan sampai pada kamar atas di penjuru. 32 Lalu antara kamar atas di penjuru dan pintu gerbang Domba para tukang emas dan para pedagang mengadakan perbaikan.

 

Seorang negarawan dari Amerika Serikat, John F. Kennedy dalam pidato pelantikannya sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-35, pada 20 Januari 1961 mengatakan : Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu! kepada seluruh rakyat Amerika Serikat pada saat itu untuk turut aktif membangun bangsanya. Iapun mengajak negara-negara di dunia untuk ikut memerangi "musuh bersama umat manusia: tirani, kemiskinan, penyakit, dan perang itu sendiri.”(*)

 

Tembok Yerusalem dibangun kembali, itu yang menjadi tujuan bersama Nehemia dan seluruh orang Yahudi, karena sebelum dijajah oleh bangsa Babilonia, Yerusalem merupakan ibukota kerajaan Yehuda. Seluruh rakyat di Yehuda termasuk para imam, para penguasa dimasing-masing wilayah bagian melakukan segala perbaikan dengan baik. Dengan dibangunnya kembali tembok Yerusalem menandakan terjadinya pemulihan atas kerajaan Yehuda setelah puluhan tahun dibawah kekuasaan Babel. Kerajaan Yehuda dapat bangkit kembali karena rakyatnya terbeban untuk membangun kembali bangsanya. Pekerjaan yang dilakukan dengan saling bekerja bersama dan segenap hati, membuat apa yang menjadi tujuan mereka yaitu membangun kembali tembok Yerusalem dapat segera terwujud.

 

Sobat Teruna, menjadi warga negara yang baik tidak hanya berdiam diri aja tetapi ikut andil dalam setiap kesempatan yang ada untuk pembangunan bangsa. Membangun bangsa tidak pernah dibatasi dengan status sosial, faktor usia atau gender, semua dapat terlibat di dalamnya. Contohnya sebagai orang muda, dapat menjadi remaja yang berprestasi dan penuh kreativitas, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi akan menjadi sumber inspirasi bagi generasi milenial saat ini.

 

(*) Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan Yesus, mampukan aku menjadi alat-Mu di bangsa ini dengan menjadi contoh yang baik dan dapat menjadi berkat bagi sesamaku.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon