KANTUNG BERHARGA

 

 

Titus 3 :  1-3

 

Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik. Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang. Karena dahulu kita juga hidup dalam kejahilan: tidak taat, sesat, menjadi hamba berbagai-bagai nafsu dan keinginan, hidup dalam kejahatan dan kedengkian, keji, saling membenci.

 

Salam damai sobat Teruna! Hari ini kita akan merenungkan sikap “diberkati” untuk menjadi “berkat”. Bacaan kita mengungkapkan bahwa jemaat yang sudah mengalami berkat Tuhan karena mengalami kasih karunia, kemurahan Allah atau “diberkati”, harus menjadi orang yang siap melakukan pekerjaan baik. Tidak suka bertengkar, tetapi menjadi orang yang ramah dan bersikap lemah lembut, menghormati pemerintah, dll. Dengan kata lain menjadi “berkat”. Murid Kristus yang sudah “diberkati” harus menjadi “berkat” bagi sekelilingnya.

 

 Ini adalah kantung biasa yang mungkin tidak terlihat menarik sama sekali. Aha….jangan salah. Di dalamnya ada sesuatu yang berharga karena isinya adalah barang berharga milikmu. Ayo apa saja barang berhargamu? Bayangkanlah barang tersebut ada di dalam kantung ini. Bagaimana seandainya kantung ini ditemukan orang lain lalu ia membuangnya di tempat sampah? Bagaimana kalau ada yang membukanya lalu mengambil isi di dalamnya? Pasti kita akan menjaga dan menyimpannya dengan baik di tempat yang aman. Bagaimanapun tampaknya dari luar, isinya sangat berharga bagi kita. Kantung itu menjadi berarti karena isi di dalamnya yang sangat berharga.

 

Sobat Teruna, sebagai murid Yesus kita telah diberkati dengan keselamatan. Orang-orang di sekitar kita bisa saja menyakiti, merendahkan, membenci kita atau menjadikan kita bahan tertawaan. Namun ingatlah, bahwa kasih dan kemurahan Yesus ada di dalam kita dan hidup yang Ia berikan ada di dalam kita. Seperti halnya barang berharga di dalam kantung tua dan tidak menarik, kita telah menjadi barang berharga yang diberkati karena Yesus. Kita juga tahu bahwa karena itulah kita sanggup menjadi orang-orang yang membawa “berkat” melalui pekerjaan-pekerjaan baik yang kita lakukan.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Terima kasih Tuhan untuk hidup yang diberikan dalam Yesus. Aku telah menjadi pribadi yang diberkati karena di dalamku ada harta berharga yaitu kasih dan kemurahan-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon