BERPERKARA BERSAMA ALLAH

Ayub 39:34-38

34 Maka jawab Tuhan kepada Ayub: 35 “Apakah si pengecam hendak berbantah dengan Yang Mahakuasa? Hendaklah yang mencela Allah menjawab!” 36 Maka jawab Ayub kepada Tuhan: 37 “Sesungguhnya, aku ini terlalu hina; jawab apakah yang dapat kuberikan kepada-Mu? Mulutku kututup dengan tangan. 38 Satu kali aku berbicara, tetapi tidak akan kuulangi; bahkan dua kali, tetapi tidak akan kulanjutkan.”

Sahabat-sahabat Ayub menyampaikan belasungkawa mereka terhadap “bencana” yang dialami Ayub, peneguhan hati, penguatan diri, juga penyataan tentang bagaimana mereka memahami Tuhan berkehendak. Tapi apa yang terjadi sebenarnya? Apakah Ayub benar-benar sedang berduka? Apakah kitab Ayub bercerita tentang kemalangan Ayub?

Sesungguhnya Ayub tidak sedang berduka, sedih.. iya.. tetapi tidak berduka! Jawaban-jawaban Ayub atas pendapat sahabatnya, sekali pun tidak pernah menyangkal kemahakuasaan Allah, sekali pun tidak pernah mempersalahkan Allah akan apa yang sedang dialaminya, dan sekali pun tidak pernah mempertanyakan keberadaan Allah itu sendiri. Tuhan geram dengan jawaban-jawaban sok tahu sahabat-sahabat Ayub yang tidak didasari pengenalan dan takut akan diri-Nya.

“Mungkin ini memang sudah jalan Tuhan.. berserah aja lah..” Sobat Teruna awam dengan kutipan tersebut? Bandingkan dengan ini: “terimakasih karena aku sudah diijinkan mengalami ini semua, Tuhan menyertai dan menguatkan aku..” Dua kalimat ungkapan situasi yang serupa, namun memiliki makna dan kekuatan iman yang berbeda di dalamnya. Kalimat pertama; meskipun ada penyerahan di sana, penyerahan tersebut diikuti keputus-asaan, dan keputus-asaan sudah pasti mempertanyakan kemahakuasan Allah. Kalimat kedua; sepintas menganggap enteng, tapi di dalamnya terkandung iman terhadap kemahakuasaan Allah, dan doa penuh harap akan keterlibatan Allah berperkara di dalam dirinya.

Sobat Teruna, mari rendahkan diri kita di hadapan Allah, lepaskanlah kesombongan kita, dengan demikian kita akan semakin merasakan kehadiran dan kebesaran-Nya

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Terimakasih sudah mengijinkan aku mengalami pergumulanku, Tuhan. Tunjukkanlah kebesaran-Mu atas segala perkara yang Kau tanggungkan ini.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon