BUKAN HANYA OLEH ROTI SAJA

12 Aug 2018

 

 

Matius 4:1-4

 

1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.” 4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

 

Sobat Teruna, bacaan hari ini bercerita mengenai Yesus ketika IA dibawa ROH ke padang gurun untuk dicobai iblis. Setelah berpuasa selama 40 hari 40 malam, Yesus dalam keadaan sangat lapar dan iblis memanfaatkan situasi itu dengan membujuk-NYA untuk tidak menaati Allah. Seperti kita ketahui dari pelajaran Biologi, salah satu ciri mahluk hidup adalah membutuhkan makanan/nutrisi untuk kelangsungan hidupnya. Ya....makanan/nutrisi adalah hal yang penting bagi mahluk hidup agar dapat tetap hidup!

 

Menurut sobat Teruna, bisakah Yesus mengubah batu menjadi roti? Apakah salah jika Yesus mengubah batu-batu disekitar-Nya menjadi roti lalu memakannya? Bukankah IA lapar dan membutuhkan makanan agar tetap hidup? Lalu mengapa Yesus tidak melakukannya?

 

Sobat teruna, Yesus mengatakan bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah (ay 4). Artinya IA mengajarkan bahwa sebagai mahluk hidup, kita membutuhkan makanan. Namun sebagai pengikut Kristus, bukan hanya makanan jasmaniah saja yang kita perlukan, kita juga memerlukan firman Allah yang memberikan kekuatan dalam menghadapi segala pencobaan yang datang dari iblis, manusia atau pun diri kita sendiri.

 

Mari renungkan ketaatan Yesus kepada Allah yang tak tergoyahkan dan bagaimana Yesus menang menghadapi godaan iblis. Keteguhan hati YESUS melawan hawa nafsu hendaklah menginspirasi kehidupan kita hari ini. Hidup di dunia bukan tanpa masalah, banyak godaan dan tantangan yang dapat membuat kita jatuh dalam dosa dan hidup jauh dari Tuhan. Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Marilah dengan tekun kita berdoa dan merenungkan firman Tuhan agar dapat menang melawan hawa nafsu duniawi.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan, ingatkan aku untuk selalu membaca dan merenungkan firman-Mu, agar aku mampu melawan pencobaan apa pun dan agar hidupku sesuai jalan yang ENGKAU kehendaki.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon