LAWANLAH GODAAN

13 Aug 2018

 

 

Matius 4:8-11

 

Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.” 10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” 11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

 

Sobat Teruna, apa yang terlintas di pikiran ketika membaca perikop Alkitab pagi ini? Apakah yang terlintas adalah betapa liciknya iblis ketika mengatakan kepada Yesus bahwa kerajaan dunia dan segala kemegahannya akan dia berikan kepada Yesus asalkan Yesus mau menyembahnya? Siapa sih yang tidak mau menjadi penguasa dunia dengan segala kemegahannya? Namun kita bisa melihat bahwa bagi Yesus ketaatan kepada Allah di atas segala-galanya. Apa yang ditawarkan iblis kepada-Nya tidak membuat Yesus goyah iman dan menuruti hawa nafsu serakah atas kerajaan dunia dan kemegahannya.

 

Sobat Teruna, tidak ada orang yang mau menjadi pecundang. Disadari atau tidak, kita sering menghadapi godaan iblis untuk menghalalkan segala cara dalam meraih keberhasilan. Misalkan menyontek saat ulangan, membeli kunci jawaban Ujian Nasional atau bahkan mengakui karya teman sebagai karya kita agar kita dianggap hebat, keren dan sukses oleh teman-teman kita. Kesuksesan dan pujian menjadi hal yang sangat penting sehingga kita rela berdosa demi mencapainya.

 

Apa yang bisa kita teladani dari Yesus dalam menghadapi godaan? Pertama, Yesus dengan berani mengusir iblis atau sumber godaan. Kedua, Yesus mengingat bahwa Allahlah yang patut disembah dan menerima bakti kita. Ketiga, Yesus taat kepada Allah. Mari kita bersikap berani melawan tiap godaan yang datang dan menang bersama Tuhan Yesus hingga kehidupan kita berkenan kepada Tuhan.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan, mampukan aku mengusir godaan dan pencobaan yang datang dalam kehidupanku.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon