MANUSIA CITRA ALLAH

Galatia 5 : 16-26

16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging -- karena keduanya bertentangan -- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. 18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. 19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, 26 dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Prihatin sekali. Sekarang ini banyak perbuatan yang melanggar norma, kesusilaan dan firman Tuhan sudah dianggap biasa karena banyak orang yang melakukan. Sebaliknya ketika kita melakukan hal-hal yang tidak biasa akan dipandang sebagai orang yang aneh. Misalnya kita tidak ikut menyontek, tidak mau bergabung dengan teman-teman untuk menonton film porno, tidak mau ikut-ikutan mem-bully. Pasti kita dianggap aneh dan akan dijauhkan teman-teman.

Sobat Teruna, hal-hal yang bersifat kedagingan yang disebutkan dalam nats Alkitab pada hari ini adalah hal-hal yang jaman sekarang ini biasa dilakukan, dianggap tidak apa-apa. Semuanya bersumber dari hati dan pikiran yang pada akhirnya melahirkan perbuatan-perbuatan kedagingan. Kecenderungan melakukan hal-hal tersebut karena kita membiarkan diri diperintahkan oleh hal-hal yang bersifat daging.

Rasul Paulus menyatakan bahwa setiap orang yang melakukan perbuatan daging, tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah. Hal ini bukan mau menyatakan bahwa setiap orang yang melakukan perbuatan baik akan mendapatkan keselamatan. Tetapi justru karena kita sudah mendapatkan anugerah keselamatan dari Yesus Kristus, maka kehidupan kita harus terefleksikan dengan sikap hidup. Dalam hal ini hidup serupa dengan citra Kristus. Memang tidak mudah hidup serupa dengan Kristus di tengah situasi dan kondisi dunia sekarang. Ada proses yang perlu dijalani, dimulai dengan memberikan diri dipimpin oleh Roh. Tuhan pasti akan memampukan kita mempunyai hidup yang dikuasai oleh Roh asalkan kita memberi diri untuk dipimpin Tuhan dan dengan demikian akan melahirkan perbuatan-perbuatan baik.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, pimpin aku di jalan-Mu. Ajarlah aku hidup seturut dengan kehendak-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon