MENGAPA HARUS BERSUNGUT-SUNGUT

30 Aug 2018

 

 

Yakobus 5 : 7 - 8

 

7 Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. 8 Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!

Mendapat nilai jelek, menggerutu. Merasa keinginan tidak terpenuhi, bersungut-sungut. Merasa diperlakukan tidak adil, marah-marah. Hal-hal tersebut merupakan peristiwa yang biasa terjadi dalam kehidupan kita. Kalau segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita perkirakan bahkan jadi lebih buruk dari yang kita harapkan, mulailah kita menggerutu, bersungut-sungut dan marah-marah.

 

Coba kita renungkan. Apakah dengan bersungut-sungut semua persoalan itu dapat selesai? Bersungut-sungut adalah perbuatan yang sia-sia. Yang ada, kita hanya akan menghabiskan energi untuk terus meluapkan emosi kita, membuat kita tidak dapat berpikir dengan akal sehat dan akhirnya jadi memperberat masalah kita. Apakah dengan ditimpakannya hal-hal tersebut, Tuhan ingin kita menderita? Tentu jawabnya tidak.

 

Sobat Teruna, sering kali kita menganggap baik itu musibah, persoalan, pergumulan maupun hal yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita sebagai sesuatu yang menyusahkan dan membuat hidup kita tidak berbahagia. Tuhan adalah Allah Yang Mahakasih, yang mampu melihat tiap persoalan yang datang dalam kehidupan kita. Ketika Tuhan memercayakan begitu banyak perkara dalam kehidupan kita, itu artinya Tuhan sedang mendewasakan kita. Dia ingin kita memiliki kualitas iman yang semakin baik sambil menunggu kedatangan Tuhan kembali. Bersyukur senantiasa dalam segala hal, tetap percaya kepada kebaikan, kesetiaan dan kemahakuasaan Allah dan pada akhirnya kita akan mendapatkan hasil yang sungguh-sungguh baik dan berharga entah untuk masa kini maupun masa mendatang.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan, jadikan aku pribadi yang sabar dan berikan aku hati untuk bersyukur senantiasa kepada-Mu

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon