SEMUA KARENA ANUGERAHNYA

1 Sep 2018

 

 

I Timotius 1 : 12-17

 

12 Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku -- 13 aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman. 14 Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus. 15 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: “Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa,” dan di antara mereka akulah yang paling berdosa. 16 Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal. 17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.

John Newton adalah kapten kapal yang hebat. Namun kehidupannya di kapal membuat dia menjauhi prinsip-prinsip kekristenan. Dia hidup dalam pesta pora dan kesenangan lainnya. Pada suatu waktu ketika sedang berlayar, badai dahsyat menerjang kapal yang dikemudikannya dan dia merasa dekat sekali dengan kematian. Dalam keadaan takut luar biasa, dia berdoa. Hal yang selama ini sudah dia lupakan. Dia berdoa dengan sederhana “Tuhan, kasihanilah kami.” Dan seketika badai berlalu, selamatlah seisi kapal. Pengalaman pribadi yang dialami John Newton menjadi titik balik hidupnya dan mengilhami terciptanya lagu “Amazing Grace”.

 

Sobat Teruna, sama halnya dengan bacaan firman Tuhan hari ini, Rasul Paulus membuat pengakuan dosa. Dia mengakui keberdosaannya dulu sebelum berjumpa dengan Tuhan. Namun Paulus juga sungguh merasakan kasih karunia Tuhan yang besar dalam hidupnya yang memanggil dia untuk melayani Tuhan. Allah mempercayakan pelayanan kepada Rasul Paulus. Orang yang dahulu membenci Kristus namun kini dipanggil untuk melayani.

 

Anugerah yang diberikan pada Paulus dan John Newton telah mengubah hidup mereka. Mereka yang dahulu hidup dalam dosa, jauh dari Allah diubah menjadi pelayan Allah dan kemudian menjadi berkat bagi banyak orang. Kita pun orang berdosa, tetapi kita pun juga mendapatkan anugerah keselamatan dari-Nya. Allah mempunyai cara tersendiri untuk membentuk pribadi orang. Ucap syukurlah atas semua anugerah Allah yang senantiasa memelihara kita.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Aku bersyukur Tuhan atas semua anugerah-Mu dalam hidupku. Jadikan hidupku senantiasa menjadi berkat bagi orang lain.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon