BERANI JUJUR

HABAKUK 2 : 9-11

9 Celakalah orang yang mengambil laba yang tidak halal untuk keperluan rumahnya, untuk menempatkan sarangnya di tempat yang tinggi, dengan maksud melepaskan dirinya dari genggaman malapetaka! 10 Engkau telah merancangkan cela ke atas rumahmu, ketika engkau bermaksud untuk menghabisi banyak bangsa; dengan demikian engkau telah berdosa terhadap dirimu sendiri. 11 Sebab batu berseru-seru dari tembok, dan balok menjawabnya dari rangka rumah.

Film Pursuit Of Happiness yang diperankan oleh Will Smith sebagai Chris Gardner mengisahkan tentang usaha kerasnya menjual alat pemindah tulang dari satu tempat ke tempat lain dengan berbagai macam persoalan yang juga harus dihadapinya. Selain tentang dirinya, dalam film ini juga diperlihatkan tentang sisi kemiskinan hidup masyarakat di Amerika Serikat yang harus mengantri untuk mendapatkan tempat tinggal setiap hari. Sedangkan di sisi lain, orang hidup dalam kemewahan harta. Hal ini bukan hanya terjadi dalam kehidupan orang di Amerika tapi juga terjadi di Indonesia. Kemiskinan dan kemewahan seperti dua sisi mata uang yang saling bertautan satu dengan yang lainnya serta tidak dapat dipisahkan.

Bacaan kita pada saat ini diawali oleh sebuah ungkapan yang lebih memberikan kesan sebuah kutukan karena sebuah perbuatan tidak baik. Ketidakbaikan itu diperlihatkan oleh Habakuk kepada orang-orang kaya yang membangun rumah mereka lewat cara yang tidak jujur. Hal itu dilakukan hanya untuk kenyamanan diri sendiri tanpa memikirkan keadaan di sekitarnya. Kemudian Habakuk menyampaikan bahwa kekayaan atau kenyamanan yang diperolehnya itu tidak akan memberikan manfaat apa pun.

Sobat Teruna, kita diingatkan agar kita dapat membangun hidup ini dengan cara yang jujur sehingga kehidupan kita selalu berusaha untuk mendatangkan kesenangan hidup bersama. Selagi muda belajarlah untuk membiasakan sesuatu yang baik. Kejujuran itu bisa dimulai dari belajar sehari-hari. Tidak menyontek saat mengerjakan tugas dan ulangan atau ujian. Nilai baik yang didapatkan lewat cara yang curang tidak akan menjadi berkat. Biasakanlah untuk melakukan dan meraih segala sesuatu dalam hidup ini secara jujur. Ingat jangan pernah bangga ketika kita berhasil dengan cara yang curang!

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

TUHAN, ajarkan aku untuk mau membiasakan melakukan kebaikan dalam kehidupanku tanpa mengorbankan orang lain.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon