TAAT KEPADA ALLAH, TAAT KEPADA NEGARA

Roma 13 : 6-7

6 Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah. 7 Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.

Pernahkah bermain monopoli? Permainan di mana para pemainnya membeli tanah atau kota untuk kemudian dibangun rumah dan hotel. Siapa yang berhenti di tanah milik kita, maka dia harus membayar sewa ke kita. Ada tumpukan kartu “Kesempatan” dan kartu “Dana Umum” yang biasanya berisi keberuntungan atau ketidakberuntungan. Di salah satu kartu itu ada yang isinya bahwa pemain harus membayar pajak atas rumah atau pun hotel yang dimiliki. Biasanya bila mendapat kartu itu, kita harus merelakan sejumlah uang untuk diserahkan ke bank. Bisakah kita menolak? Tidak bisa, karena itu peraturan dari permainannya.

Rasul Paulus mengatakan kepada jemaat di Roma bahwa pemerintah adalah wakil Allah di dunia. Pemerintah mendapat mandat dari Allah untuk mengatur negara. Adalah kewajiban bagi umat Kristen untuk menaati peraturan pemerintah yang berlaku. Salah satunya adalah membayar pajak kepada pemerintah. Satu hal yang penting bagi keberlangsungan sebuah negara karena pajak adalah salah satu sumber pendapatan negara.

Mungkin kita berpikir bahwa kita masih remaja sehingga tidak terlalu memikirkan pajak negara. Namun sebenarnya, sadar atau tidak, kita juga sudah ikut membayar pajak. Apabila kita membeli sepatu atau baju di toko, ada PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10%. Bila kita makan di restoran, ada PB1 (Pajak Pembangunan 1) sebesar 10% juga. Apakah kita bisa menolak untuk membayar pajak tersebut? Tidak bisa, karena memang seperti itu peraturannya. Kembali lagi Rasul Paulus mengingatkan kita untuk patuh terhadap peraturan yang berlaku di negara tempat kita tinggal. Kita justru harus berbangga hati karena dengan membayar pajak, itu artinya kita mempunyai andil untuk memajukan negara kita

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, ajar aku untuk selalu mendoakan pemerintah Indonesia, agar selalu taat dan takut kepada-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon