TAHAN JARIMU

11 Sep 2018

Oleh :

 

 

Yudas 1:17-20

 

17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus. 18 Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: “Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka.” 19 Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus. 20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

“Riel, kamu sudah baca postingan di akun media sosial Ali belom?” “Belom, kenapa?” “Masa dia jelek-jelekin agama Kristen. Ga bisa nih, kita harus bales.”  Itulah perbincangan antara Jimmy dan Ariel. Akhirnya, perdebatan di media sosial tidak terelakkan lagi.

 

Perikop yang kita baca hari ini terambil dari Kitab Yudas yang ditulis oleh Rasul Yudas, saudara Yakobus. Bukan Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus. Rasul Yudas mengingatkan jemaat akan bahaya orang-orang fasik yang ingin memecah belah umat Tuhan. Mereka hidup hanya sesuai keinginan dirinya. Rasul Yudas mau menguatkan para jemaat untuk tetap bertahan dalam iman.

 

Sobat Teruna, di era teknologi yang semakin maju ini, kita sangat dekat dengan media sosial. Media sosial menjadi tempat orang menumpahkan segala perasaan dan pemikirannya agar diketahui orang lain. Tidak jarang juga media sosial menjadi ajang saling mengejek. Dan yang lebih parah lagi, topik pembahasannya berkaitan dengan Suku, Agama dan Ras (SARA). Terkadang isu SARA ini digunakan oleh kelompok-kelompok yang memang bertujuan agar Indonesia terpecah belah dan menjadi kacau. Hal ini perlu kita sadari sebagai teruna Kristen. Jangan sampai kita juga ikut terjatuh dalam pembicaraan-pembicaraan yang memecah belah bangsa Indonesia. Ketika ada orang lain menghina kita, tidak perlu ikut membalas. Rasul Yudas mau mengingatkan agar kita tetap memegang teguh iman kita kepada Allah. Allah yang juga telah membebaskan bangsa Israel dari bangsa Mesir. Rasul Yudas juga memperingatkan bahwa menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang hidup menuruti hawa nafsunya. Jadi, tentunya kita tidak mau dikategorikan sebagai pengejek-pengejek yang dimaksudkan oleh Rasul Yudas, kan?

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan Yesus, ampuni dosaku apabila aku tidak mampu menahan diri di dalam aktifitas media sosialdan tidak memuliakan Engkau.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon