DIA YANG UTAMA

Matius 10:37-39

37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. 38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. 39 Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Sobat Teruna, hari ini mari belajar bagaimana kita dapat berjumpa dengan Tuhan. Kita mungkin memiliki beberapa benda berharga seperti kacamata, kaca pembesar dan Alkitab. Kacamata untuk dapat melihat jauh karena mata minus sehingga tidak dapat melihat jauh. Maka sehari-hari kita harus mengenakannya jika tidak kita tidak dapat melihat hal-hal yang diajarkan di papan tulis oleh guru. Kaca pembesar kita gunakan untuk melihat benda-benda yang kecil sekali seperti kalau sedang melihat perilaku semut dari lebih dekat. Sekarang bagaimana jika kita ingin mengetahui tentang Tuhan? Alkitab, ya Alkitab menceritakan banyak hal tentang Tuhan dan menolong kita menemukan Dia.

Suatu hari Yesus mengajarkan hal paling utama kepada murid-murid-Nya. Yesus mengatakan sesuatu yang sangat mengejutkan (Matius 10:37-39). Siapa yang mengasihi orangtua maupun anak bahkan nyawanya lebih daripada Yesus, maka ia tidak layak dan akan kehilangan semuanya. Yesus tahu bahwa ayah, ibu, saudara adalah pemberian Tuhan dan patut dikasihi serta dihormati. Yesus juga tahu bahwa hidup adalah anugerah yang harus dijaga dan dipertanggung-jawabkan. Jadi apa maksud Yesus dengan perkataan-Nya tadi? Ia hendak mengatakan bahwa semuanya itu perlu dan harus dikasihi serta dipelihara, tetapi Yesus ingin bahwa Dialah yang harus diutamakan di atas semua itu. Mengutamakan Tuhan jauh lebih penting, karena keluarga dan nyawa kita sepenuhnya milik Tuhan, maka Tuhan pula yang akan mengendalikan. Tuhanlah yang akan menjaganya.

Sobat Teruna, apakah kita sudah menemukan Pemilik hidup kita? Bacalah Akitab, carilah Tuhan pertama-tama dan biarlah Ia yang menjaga orangtua, saudara dan diri kita sepenuhnya. Maka kita layak beroleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolonglah aku untuk lebih mengutamakan-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon