BALON WARNA-WARNI YANG MEMBERI KEINDAHAN

Yakobus 2:14-20

14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? 15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, 16 dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? 17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. 18 Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.” 19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setan pun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. 20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?

Siapa Setiap perayaan ulang tahun pasti ada balon-balon aneka warna yang dibuat untuk memeriahkan ulangtahun kita. Merah, kuning, hijau dan warna-warni ceria. Bagaimana kalau balon-balon itu tidak diisi udara, dan dibiarkan terjuntai begitu saja? Pasti kita tidak suka. Tapi bagaimana jika balon-balon itu diisi udara dan menjadi dekorasi bermacam-macam bentuk? Semua pasti suka. Wow, ini pasti akan menambah semarak pesta ulang tahun kita. Nah, apa yang terjadi kalau balon-balon tersebut kita lepaskan dan membiarkannya terbang sampai udara di dalamnya habis dan ia kembali turun. Akhhh…sebaiknya kita biarkan saja terikat menjadi dekorasi yang indah. Balon-balon indah itu adalah seperti anak-anak Tuhan yang mendengarkan firman-Nya dan melakukannya. Ia bukan hanya pendengar yang baik tetapi ia juga adalah pelaku firman Tuhan. Firman Tuhan bekerja melalui dirinya.

Dalam surat Yakobus 2:14-20 dikatakan bahwa apalah gunanya kita mempunyai iman tetapi tidak mempunyai perbuatan? Orang Kristen harus memperlihatkan imannya melalui perbuatannya. Sama seperti balon tanpa udara di dalamnya, maka iman kita tidak akan berarti, kecuali kita ditampakkan melalui perbuatan-perbuatan nyata. Jika kita melihat orang miskin yang memerlukan makanan dan pakaian, maka tidak cukup kita mengatakan “mudah-mudahan kamu baik-baik saja”. Itu sama saja kita membiarkan balon yang terikat tanpa ada udara di dalamnya. Jika kita dapat menolong mereka, maka berikanlah makanan dan pakaian bagi mereka. Hal itu membuat iman kita seperti balon yang penuh udara dan menjadi dekorasi yang indah. Firman Tuhan katakan “Jika iman tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, biarlah aku menjadi balon-balon yang indah dan supaya imanku nyata melalui perbuatan-perbuatan baik yang berkenan pada-MU.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon