KETAATAN VS KETIDAKTAATAN

24 Oct 2018

 

 

Ulangan 30:1-14

 

“Maka apabila segala hal ini berlaku atasmu, yakni berkat dan kutuk yang telah kuperhadapkan kepadamu itu, dan engkau menjadi sadar dalam hatimu di tengah-tengah segala bangsa, ke mana Tuhan, Allahmu, menghalau engkau, dan apabila engkau berbalik kepada Tuhan, Allahmu, dan mendengarkan suara-Nya sesuai dengan segala yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, baik engkau maupun anak-anakmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, maka Tuhan, Allahmu, akan memulihkan keadaanmu dan akan menyayangi engkau. Ia akan mengumpulkan engkau kembali dari segala bangsa, ke mana Tuhan, Allahmu, telah menyerakkan engkau. Sekalipun orang-orang yang terhalau dari padamu ada di ujung langit, dari sana pun Tuhan, Allahmu, akan mengumpulkan engkau kembali dan dari sana pun Ia akan mengambil engkau. Tuhan, Allahmu, akan membawa engkau masuk ke negeri yang sudah dimiliki nenek moyangmu, dan engkau pun akan memilikinya pula. Ia akan berbuat baik kepadamu dan membuat engkau banyak melebihi nenek moyangmu. Dan Tuhan, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup. Tuhan, Allahmu, akan menjatuhkan segala sumpah serapah itu kepada musuhmu dan pembencimu, yang telah mengejar engkau. Engkau akan mendengarkan kembali suara Tuhan dan melakukan segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini. Tuhan, Allahmu, akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam segala pekerjaanmu, dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu, sebab Tuhan, Allahmu, akan bergirang kembali karena engkau dalam keberuntunganmu, seperti Ia bergirang karena nenek moyangmu dahulu -- 10 apabila engkau mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dengan berpegang pada perintah dan ketetapan-Nya, yang tertulis dalam kitab Taurat ini dan apabila engkau berbalik kepada Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.” 11 “Sebab perintah ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar bagimu dan tidak pula terlalu jauh. 12 Tidak di langit tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan naik ke langit untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya? 13 Juga tidak di seberang laut tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan menyeberang ke seberang laut untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya? 14 Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.

 

Mary Anne Radmacher berkata “Memilihlah dengan tanpa penyesalan”. Pernyataan ini berangkat dari pengalaman hidupnya pada sebuah kesadaran bahwa semua manusia di dunia ini pasti akan diperhadapkan dengan berbagai pilihan. Pilihan yang akan diambil selalu melewati proses yang berbeda. Ada yang sangat mudah diputuskan tetapi ada juga yang sulit diputuskan. Sebab setiap pilihan pasti akan berdampak dalam kehidupan selanjutnya.

 

Sobat Teruna, teks kita menceritakan bagaimana Musa hendak memulihkan kehidupan bangsa Israel. Namun cara Musa menyampaikan pemulihan itu adalah dengan memberikan bangsa Israel 2 pilihan yaitu ketaatan akan membawa berkat dan ketidaktaatan akan membawa kebinasaan. Jadi jika bangsa Israel ingin hidupnya penuh dengan berkat Allah; maka pilihlah untuk hidup dalam ketaatan. Tetapi jika tetap memilih untuk hidup tanpa melakukan perintah Allah, maka bersiaplah untuk mengalami kehancuran bahkan kematian.

 

Hari ini kita semua diingatkan bahwa kesejahteraan hidup dan berkat dalam kehidupan kita semuanya tergantung dari pilihan yang kita putuskan. Jika kita mau berkat Allah senantiasa tetap tinggal dan melimpah dalam hidup kita, maka tetaplah konsisten dengan pilihan kita yaitu hidup dalam ketaatan pada-Nya. Mulailah ketaatan kita dari hal terkecil yaitu dengan ketaatan untuk membangun relasi dengan Allah lewat ketekunan bersaat teduh, ketekunan membaca dan mempelajari firman Tuhan serta ketekunan melakukan firman-Nya secara nyata.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan mampukan aku untuk konsisten dengan pilihan hidup taat hanya kepada-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon