top of page

KUATKAN DAN TEGUHKAN HATIMU, PERCAYA PADA-NYA

 

Ulangan 31:1-6

1 Kemudian pergilah Musa, lalu mengatakan segala perkataan ini kepada seluruh orang Israel. 2 Berkatalah ia kepada mereka: “Aku sekarang berumur seratus dua puluh tahun; aku tidak dapat giat lagi, dan Tuhan telah berfirman kepadaku: Sungai Yordan ini tidak akan kauseberangi. 3 Tuhan, Allahmu, Dialah yang akan menyeberang di depanmu; Dialah yang akan memunahkan bangsa-bangsa itu dari hadapanmu, sehingga engkau dapat memiliki negeri mereka; Yosua, dialah yang akan menyeberang di depanmu, seperti yang difirmankan Tuhan. 4 Dan Tuhan akan melakukan terhadap mereka seperti yang dilakukan-Nya terhadap Sihon dan Og, raja-raja orang Amori, yang telah dipunahkan-Nya itu, dan terhadap negeri mereka. 5 Tuhan akan menyerahkan mereka kepadamu dan haruslah kamu melakukan kepada mereka tepat seperti perintah yang kusampaikan kepadamu. 6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

 

Sobat Teruna, Musa menyampaikan kepada bangsa Israel bahwa dirinya tidak akan mengantar umat Israel masuk tanah Pernjanjian Kanaan. Selain karena Musa telah lanjut usia tetapi juga karena Tuhan telah memutuskan bahwa Musa hanya dapat melihat Tanah Perjanjian dari kejauhan. Berita yang disampaikan Musa, bahwa dirinya tidak bisa mengantarkan bangsa Israel ke masuk ke tanah perjanjian membuat mereka bersedih. Hal ini dikarenakan ketakutan mereka menghadapi bangsa Kanaan yang berbadan besar dan kuat.

Karena itu melalui teks ini Musa juga memberikan kekuatan dan penghiburan bagi bangsa Israel untuk selalu mengingat dan menjadikan Allah sebagai satu-satunya sandaran kehidupan yang kekal. Sebagaimana Musa berkata “Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu hanya kepada Tuhan”. Selain itu Musa juga menguatkan bangsa Israel bahwa mereka tidak akan berjalan sendirian karena Tuhan telah memilih dan menetapkan Yosua sebagai pengganti Musa. Yosua akan melanjutkan dan membawa bangsa Israel memasuki tanah perjanjian Kanaan sesuai rencana Tuhan bagi bangsa Israel. Tuhan tidak akan membiarkan dan meninggalkan mereka, karena itu mereka harus tetap menguatkan dan meneguhkan diri hanya kepada Tuhan.

Sobat Teruna, Nelson Mandela berkata “Saya belajar bahwa keberanian tidak akan pernah absen dari ketakutan. Tetapi mereka berhasil menang atas itu. Orang berani bukan mereka yang tidak pernah merasa takut, tapi mereka yang bisa menaklukkan rasa takut itu”. Pernyataan ini mengingatkan kita bahwa rasa takut adalah hal yang wajar dalam kehidupan manusia, tetapi sebagai orang percaya, rasa takut itu harus ditaklukkan. Bagaimana caranya? Kuncinya kuatkanlah dan teguhkanlah hati kita hanya kepada Tuhan, maka bersama-Nya kita mampu menaklukkan ketakutan yang ada.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ajarlah aku Tuhan untuk tetap kuat dan meneguhkan hatiku hanya kepada-Mu di dalam segala situasi hidup yang aku hadapi.

 

bottom of page