SIAPKAN DIRI UNTUK KEDATANGAN-NYA

26 Oct 2018

 

 

Maleakhi 3:1-3

 

1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman Tuhan semesta alam. Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu. Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada Tuhan.

 

Pernahkah kita menunggu kehadiran seorang tamu entah di rumah kita atau pun di sekolah? Apa yang akan kita lakukan? Pastinya kita akan mempersiapkan segala sesuatu dalam rangka untuk memberikan penyambutan yang terbaik. Baik persiapan diri kita sendiri berkaitan dengan penampilan maupun kesiapan diri menghadapi tamu yang akan datang serta tempat di mana tamu tersebut akan dijamu. Sobat Teruna, untuk menyambut seorang tamu saja kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik. Nah, sekarang bagaimana cara kita mempersiapkan diri dengan menyambut kedatangan Tuhan Yesus?

 

Maleakhi dalam kitabnya menggambarkan kehidupan umat Israel setelah masa pembuangan di bawah kepemimpinan para imam yang melakukan penyimpangan-penyimpangan. Situasi ini membuat bangsa Israel menderita dan bahkan mengalami kemunduran rohani. Dalam situasi ini, Maleakhi hadir untuk memberikan peringatan kepada bangsa Israel bahwa akan segera tiba kedatangan Mesias yang diawali dengan kedatangan seorang utusan untuk membuka jalan. Kedatangan Tuhan digambarkan sebagai hari yang berat bahkan dikatakan “Siapa yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya?” Kedatangannya akan mendatangkan pemurnian melalui penghakiman terhadap perilaku kehidupan yang telah dijalankan. Namun, kedatangan-Nya tidak akan menakutkan jika kita mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya dengan perilaku yang tetap setia melayani-Nya.

 

Sobat Teruna, kehadiran Kristus Sang Mesias akan senantiasa membawa damai bagi kita yang selalu rindu akan kehadiran-Nya dan mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan-Nya. Sudahkah kita mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya dengan setia melakukan kehendak-Nya? Ingatlah kedatangan-Nya akan senantiasa membawa damai bagi mereka yang setia tetapi akan membawa penghukuman bagi mereka yang tidak setia.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan, bimbing aku untuk tetap setia mempersiapkan kedatangan-Mu dengan perilaku hidup yang berkenan kepada-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon