KASIH TIDAK MENGABAIKAN

Filemon 1:8-16

8 Karena itu, sekalipun di dalam Kristus aku mempunyai kebebasan penuh untuk memerintahkan kepadamu apa yang harus engkau lakukan, 9 tetapi mengingat kasihmu itu, lebih baik aku memintanya dari padamu. Aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, lagipula sekarang dipenjarakan karena Kristus Yesus, 10 mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus 11-- dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku. 12 Dia kusuruh kembali kepadamu -- dia, yaitu buah hatiku --. 13 Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk melayani aku selama aku dipenjarakan karena Injil, 14 tetapi tanpa persetujuanmu, aku tidak mau berbuat sesuatu, supaya yang baik itu jangan engkau lakukan seolah-olah dengan paksa, melainkan dengan sukarela. 15 Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya, 16 bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari pada hamba, yaitu sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apalagi bagimu, baik secara manusia maupun di dalam Tuhan.

Tidak mudah dapat menerima seseorang yang baru saja keluar dari jeruji besi atau penjara. Apalagi bila orang tersebut dipenjara karena telah melakukan tindakan criminal. Tidak jarang lingkungan tempat tinggalnya akan menolak kehadirannya kembali karena takut membawa dampak buruk.

Pascorner, istilah untuk Pemasyarakatan Pojok menjadi langkah baru untuk mantan narapidana ketika kembali ke masyarakat. Heri Coet sang pendiri Pascorner yang juga mantan napi membangun sebuah kawasan usaha di seberang Lapas Banceuy, jalan Soekarno-Hatta, kota Bandung. Wadah kreativitas berbagai macam unit usaha ini; seperti cafe, babershop, cetakan pin, air brush, vape, steam mobil, clothing. mempekerjakan sekitar 100 mantan warga binaan dari berbagai lembaga pemasyarakatan. Berawal dari keinginannya untuk merangkul warga binaan yang baru saja menghirup udara kebebasan dan memiliki komitmen untuk benar-benar berubah dan tidak ingin kembali ke dunia kelam yang pernah membawanya ke balik jeruji besi. Lewat Pascorner mereka bisa bersosialisasi, berkreasi dan mencari penghidupan yang lebih baik dengan cara halal.

Paulus dalam suratnya kepada Filemon, seorang yang terpandang di Kolose dan menjadi pengikut Kristus, memintanya untuk dapat menerima Onesimus, hambanya yang telah melarikan diri lalu bertemu dengan Paulus dan menjadi orang Kristen. Sebagai seorang budak yang melarikan diri apalagi mengambil harta milik tuannya, hukuman mati dapat diberikan kepada Onesimus. Oleh karena itu Paulus meminta agar Filemon dapat menerimanya bukan lagi sebagai hamba tetapi sebagai saudara di dalam Kristus (ayat 16).

Sobat Teruna, hanya kasih Tuhan yang mampu melembutkan hati Filemon agar dapat menerima Onesimus kembali. Kasih Kristus pula yang memampukan kita untuk dapat menerima keberadaan orang lain tanpa memandang muka.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus yang baik, hanya dengan kasih-Mu, aku dapat menerima orang yang telah menyakiti hatiku dan memampukan aku untuk dapat mengampuninya.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon