HANYA ANUGERAH SEMATA

31 Oct 2018

 

 

Efesus 2:1-7

 

1 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka. Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain. Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita -- oleh kasih karunia kamu diselamatkan -- dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga, supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.

 

Setiap manusia pasti tidak mau hidupnya terikat atau dijajah oleh apa pun apalagi yang dapat membinasakan hidupnya. Namun sejak manusia pertama jatuh ke dalam dosa akibat pelanggaran yang dilakukannya, maka manusia keturunannya hingga sampai saat ini, disadari atau tidak, ikut melakukan dosa dan diperbudak oleh dosa dalam hidupnya. Akibatnya manusia patut menerima hukuman kekal dan tidak mungkin dapat keluar dari kebinasaanya dengan usaha sendiri.

 

Paulus menuliskan surat ini ketika berada di dalam penjara di Roma, kepada orang-orang kudus yang percaya kepada Kristus di kota Efesus. Efesus sendiri adalah kota perdagangan yang sangat besar di Asia kecil, tidak heran membuat kehidupan masyarakatnya sangat materialis dan menjadi pusat penyembahan dewi Artemis (Yunani) dan dewi Diana (Romawi). Dalam suratnya, Paulus hendak mengingatkan orang-orang percaya yang telah Tuhan pilih untuk hidup kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya (Efesus 1:4), agar terus mengetahui posisi serta tanggung jawab mereka sebagai pengikut Kristus. Hanya karena anugerah Allah semata yang telah dilimpahkan kepada manusia sehingga manusia dapat terbebas dari ikatan dosa. Karena Allah tahu bahwa manusia tidak mungkin bisa menyelamatkan dirinya sendiri, sehingga Alllah berinisiatif untuk memberikan kasih karunia kepada umat yang percaya kepada-Nya melalui pengorbanan Kristus di atas kayu salib.

 

Kita mungkin tidak dapat mengubah keadaan sekitar kita lebih baik sesuai dengan keinginan kita. Yang penting kita tahu bagaimana cara menjalani hidup kita harus selaras atau seturut dengan kehendak Tuhan. Mengapa? Supaya pada masa yang akan datang, Allah dapat menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus (Efesus 2:7).

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Terima kasih Tuhan untuk keselamatan yang telah Engkau beri, sehingga aku tidak lagi diperbudak dan dikuasai oleh dosa.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon