NABI-NABI PALSU MODERN

Yeremia 29:16-20

16 Sungguh, beginilah firman Tuhan tentang raja yang duduk di atas takhta Daud dan tentang seluruh rakyat yang diam di kota ini, yakni saudara-saudaramu yang tidak keluar beserta kamu ke dalam pembuangan: 17Beginilah firman Tuhan semesta alam: Sesungguhnya, Aku akan mengirim pedang, kelaparan dan penyakit sampar ke antara mereka, dan Aku akan membuat mereka seperti buah ara yang busuk dan demikian jeleknya, sehingga tidak dapat dimakan. 18 Aku akan mengejar mereka dengan pedang, kelaparan dan penyakit sampar, dan Aku akan membuat mereka menjadi kengerian bagi segala kerajaan di bumi, menjadi kutuk, kedahsyatan, suitan dan aib di antara segala bangsa ke mana mereka Kucerai-beraikan, 19 sebagai ganjaran bahwa mereka tidak mendengarkan perkataan-Ku, demikianlah firman Tuhan, yang telah Kusampaikan kepada mereka terus-menerus dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, yakni para nabi; tetapi kamu tidak mendengarkannya, demikianlah firman Tuhan. 20 Tetapi dengarkanlah firman Tuhan, hai kamu semua orang buangan, yang telah Kukirim dari Yerusalem ke Babel!

Tuhan menunjuk orang-orang khusus untuk menjadi nabi-Nya guna menyatakan kebenaran firman-Nya bagi umat Israel. Namun ada juga nabi-nabi palsu yang menyesatkan umat hanya demi mencari popularitas, rejeki dan berbagai alasan manipulatif lainnya. Diri mereka telah dibutakan oleh hawa nafsu dan dipakai oleh sang jahat untuk mencelakakan banyak orang.

Bacaan hari ini, Yeremia menyatakan bahwa ada nabi-nabi palsu yang menyesatkan di antara orang-orang pembuangan (lihat ay.8 & 9). Mereka mengaku dipilih oleh Tuhan (ay. 15). Tetapi Allah menyatakan firman-Nya baik bagi nabi-nabi palsu maupun bangsa Israel bahwa yang percaya kepada nubuatan nabi palsu akan mendapatkan balasan yang setimpal (ay. 16-20 dan baca juga ayat 21-22).

Sobat Teruna, jangan salah, di zaman modern ini semakin banyak nabi-nabi palsu yang mencoba menyesatkan kita agar kita jauh dari kebenaran firman Tuhan. Nabi-nabi palsu modern ini datang dengan paket yang begitu menawan; paras yang cantik/cakep di TV, blog/video yang penuh semangat dan kekinian, dst, tetapi doyan memutarbalikkan firman Tuhan (bnd. Mat 24:11 & 24). Banyak yang menjadi korban ikut-ikutan dan keterusan karena mengikuti apa yang enak di telinga dan dipandang baik untuk diri sendiri (2 Tim. 4.:3-4). Akhirnya tak sedikit teruna Kristen menjadi suam-suam kuku dan berani berkompromi dengan dunia.

Mari belajar untuk menjadi pengikut Kristus yang kritis! Ukurlah dan ujilah semua dengan minta bimbingan Roh Kudus (bnd. 1 Yoh 4:1). Dan kelak kita akan bersukacia ketika Ia menjumpai kita setia sampai akhir (2 Tim 4:6-8).

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa, bantu aku menjadi teruna yang kritis untuk tidak menuruti apa yang terlihat dan terdengar baik bagi diriku, tetapi mampu mengikuti tren yang positif dan sesuai dengan firman-Mu. Karuniakanlah Roh Kebijaksanaan bagiku.