ALLAH SUMBER KEKUATAN DAN PERLINDUNGAN

22 Nov 2018

 

 

Yoel 3:9-16

 

Maklumkanlah hal ini di antara bangsa-bangsa: bersiaplah untuk peperangan, gerakkanlah para pahlawan; suruhlah semua prajurit tampil dan maju! 10 Tempalah mata bajakmu menjadi pedangdan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: “Aku ini pahlawan!” 11 Bergeraklah dan datanglah, hai segala bangsa dari segenap penjuru, dan berkumpullah ke sana! Bawalah turun, ya Tuhan, pahlawan-pahlawan-Mu! 12 Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru. 13 Ayunkanlah sabit,sebab sudah masak tuaian; marilah, iriklah, sebab sudah penuh tempat anggur; tempat-tempat pemerasan kelimpahan, sebab banyak kejahatan mereka. 14 Banyak orang, banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekat hari Tuhan di lembah penentuan! 15 Matahari dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya. 16 Tuhan mengaum dari Sion, dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya, dan langit dan bumi bergoncang. Tetapi Tuhan adalah tempat perlindungan bagi umat-Nya, dan benteng bagi orang Israel.

 

Perang. Sebuah kata yang selalu dihindari oleh semua orang. Mungkin saat ini kita tidak berada di negara yang dilanda peperangan. Tapi bisa saja kita pernah menyaksikan perang yang terjadi di belahan dunia ini atau pun dari sejarah Republik Indonesia yang pernah berperang melawan penjajah. Peperangan antar bangsa atau negara, selalu mendatangkan kebinasaan dan kesedihan yang begitu mendalam.

 

Nabi Yoel memberitakan agar bangsa-bangsa bersiap untuk berperang. Setiap orang atau bangsa yang melawan Allah akan binasa, akan tetapi orang yang bertobat akan diberikan berkat oleh Tuhan. Pada ayat-ayat akhir kitab Yoel mengandung janji Allah kepada umat-Nya bahwa Allah menunjukkan kasih setia-Nya dan menjadi tempat perlindungan serta benteng bagi umat-Nya. Janji ini senantiasa menguatkan umat-Nya bahwa ada sebuah tempat perlindungan bagi mereka umat-Nya serta kasih setia-Nya senantiasa tersedia bagi orang yang mengandalkan-Nya.

 

Sobat Teruna, apakah saat ini dalam situasi “perang?” Mungkin perang yang saat ini kita alami bukan perang fisik, tapi ada peperangan rohani di mana kita sedang melawan keinginan daging kita. Seperti janji Allah kepada bangsa Israel, mereka yang mengandalkan Allah maka Allah akan memberikan kekuatan dan perlindungan. Kasih setia-Nya senantiasa memampukan kita untuk berperang melawan keinginan-keinginan daging kita. Sobat Teruna, kembali kita diingatkan bahwa dalam setiap perjuangan melawan dosa, jika kita meminta pertolongan-Nya maka Allah akan senantiasa menyertai dan menolong kita.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan, tolonglah aku dalam kehidupanku melawan kedaginganku dan aku mau mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah hidupku.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon