INDAH PADA WAKTUNYA

23 Nov 2018

 

 

Pengkhotbah 3:1-11

 

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam; ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari; ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk; ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang; ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai. Apakah untung pekerja dari yang dikerjakannya dengan berjerih payah? 10 Aku telah melihat pekerjaan yang diberikan Allah kepada anak-anak manusia untuk melelahkan dirinya. 11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

 

Sering sekali kita mendengar kalimat seperti ini “Kehidupan Manusia itu seperti roda, kadang di bawah dan kadang di atas.” Sering diartikan bahwa manusia sewaktu-waktu bisa mengalami kesusahan ketika sedang berada di titik rendah hidupnya atau pun bisa mengalami kesuksesan ketika sedang berada di titik teratas dalam hidupnya.

 

“Untuk segala sesuatu ada masanya.” Setiap kita akan mengalami dan melewati fase-fase kehidupan. Ada saatnya kita akan melalui masa-masa kesedihan, menangis dan meratap. Akan tetapi suatu saat, kita akan berada pada masa-masa penuh dengan kebahagiaan, sukacita yang meluap. Begitu seterusnya. Ada masa kelimpahan, ada masa kekurangan. Dalam masa-masa yang akan kita lalui nanti ketika susah atau pun senang, belajarlah dan percaya bahwa dalam segala hal Tuhan mempunyai rencana yang indah buat kehidupan kita.

 

Sobat Teruna, sesuai dengan pembahasan kita di atas bahwa segala sesuatu ada masanya sesuai dan seturut dengan waktu dan kehendak-Nya. Mungkin saat ini ketika kita dalam keadaan kekurangan dan kesedihan atau pun kelimpahan, kita tidak mengerti rencana Tuhan dalam kehidupan kita karena siapakah manusia sehingga dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. Manusia terbatas untuk memahami rencana-Nya dalam hidup kita. Mari kita menyerahkan seluruh waktu hidup kita kepada Sang Pemilik kehidupan, percaya bahwa setiap yang boleh kita alami hingga saat ini, semuanya ada dalam kendali-Nya. Percayalah semua akan indah pada waktu dan rencana-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan Yesus, ajarkan aku untuk mensyukuri waktu-waktu yang telah Engkau anugerahkan bagiku dan terima kasih untuk selalu menyertaiku dalam setiap langkah hidupku.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon