MENDERITA KARENA KRISTUS

30 Nov 2018

 

 

II Korintus 2:8-13

 

Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, yang telah dilahirkan sebagai keturunan Daud, itulah yang kuberitakan dalam Injilku. Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi firman Allah tidak terbelenggu. 10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal. 11 Benarlah perkataan ini:“Jika kita mati dengan Dia,kita pun akan hidup dengan Dia; 12 jika kita bertekun,kita pun akan ikut memerintah dengan Dia;jika kita menyangkal Dia,Dia pun akan menyangkal kita; 13 jika kita tidak setia, Dia tetap setia,karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.”

 

 

Sobat Teruna, seberapa sering kita mendengar istilah “Menderita Untuk Kristus”. Mengertikah kita apa artinya? Menderita untuk Kristus artinya kita harus mau mempertanggungjawabkan setiap perbuatan kita kepada orang tua dan Tuhan. Menjaga kepercayaan orang tua, berkorban untuk melakukan kebaikan bagi sesama, hidup dalam kerendahan hati, membuang kesombongan, keangkuhan diri dan setia, taat, patuh untuk membaca firman Tuhan dan berdoa setiap hari merupakan contoh nyata “menderita untuk Kristus”.

 

Perbuatan di atas disebut menderita untuk Kristus karena kita harus mau dan berani meletakkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sebagai contoh, kita mau dan berani meletakkan smartphone kita, membatasi waktu untuk bermain dengan teman, memberikan waktu untuk keluarga, bergumul untuk melawan keinginan jahat dalam hati dan berjuang untuk melakukan firman Tuhan serta menjalin hubungan yang harmonis dengan Tuhan setiap hari. Semuanya ini kita lakukan dengan hati yang bersyukur bukan bersunggut-sunggut, bukan mengharapkan pahala (upah) karena orang Kristen tidak mengenal pahala. Kita lakukan dalam kesabaran dan ketabahan yang besar dengan keyakinan Tuhan Yesus memampukan dan tidak akan pernah mempermalukan hidup kita sebagai teruna Kristen.

 

Sobat Teruna, kita akan segera memasuki masa-masa Minggu Adven yang akan berjalan selama 4 minggu. Setiap minggunya kita diajak untuk mengoreksi diri, menyadari kesalahan, mengakui kesalahan dan memohon pengampunan dari Tuhan dan pada akhirnya kita siapkan hati untuk menerima Tuhan Yesus hadir dalam hidup kita dan mengijinkan Tuhan Yesus untuk mengendalikan semua tingkah laku, merubah karakter kita dan kita mau menjadi pribadi yang taat, patuh, tekun dan tunduk pada didikan yang diberikan oleh Tuhan Yesus. Jangan takut “menderita untuk Kristus”.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Kristus, mampukan aku menderita bagi-Mu dan ijinkan aku menikmati hasilnya.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon