TERUNA YANG BERINTEGRITAS?

4 Dec 2018

 

 

Yeremia 14:10-16

 

10 Beginilah firman Tuhan tentang bangsa ini: “Mereka sangat senang mengembara dan tidak menahan kakinya. Sebab itu Tuhan tidak berkenan kepada mereka; tetapi sekarang Ia mau mengingat kesalahan mereka dan mau menghukum dosa mereka.” 11 Tuhanberfirman kepadaku: “Janganlah engkau berdoa untuk kebaikan bangsa ini! 12 Sekalipun mereka berpuasa, Aku tidak akan mendengarkan seruan mereka; sekalipun mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban sajian, Aku tidak akan berkenan kepada mereka, melainkan Aku akan menghabiskan mereka dengan perang, dengan kelaparan dan dengan penyakit sampar.” 13 Lalu aku berkata: “Aduh, Tuhan ALLAH! Bukankah para nabi telah berkata kepada mereka: Kamu tidak akan mengalami perang, dan kelaparan tidak akan menimpa kamu, tetapi Aku akan memberikan kepada kamu damai sejahtera yang mantap di tempat ini!” 14 Jawab Tuhan kepadaku: “Para nabi itu bernubuat palsu demi nama-Ku! Aku tidak mengutus mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, ramalan kosong dan tipu rekaan hatinya sendiri. 15 Sebab itu beginilah firman Tuhan mengenai para nabi yang bernubuat demi nama-Ku, padahal Aku tidak mengutus mereka, dan yang berkata: Perang dan kelaparan tidak akan menimpa negeri ini --: Para nabi itu sendiri akan habis mati oleh perang dan kelaparan! 16 Dan bangsa yang kepadanya mereka bernubuat akan tercampak mati di jalan-jalan Yerusalem, disebabkan oleh kelaparan dan perang, dan tidak ada orang yang akan menguburkan mereka: mereka sendiri, isteri-isteri mereka, anak-anak mereka yang laki-laki dan yang perempuan. Demikianlah akan Kutumpahkan kejahatan mereka ke atas mereka.”

 

 

Sobat Teruna, firman Tuhan saat ini berisi curhatan Tuhan tentang bangsa Israel yang terus menerus membangkang terhadap perintah Tuhan. Bangsa Israel ini terlihat dari luar agamis banget. Ibadah oke, doa bagus, khotbah mantap, nyanyiannya merdu. Tapi dalam kesehariannya, mereka malah hidup menurut jalannya masing-masing dan tidak suka dengan jalan Tuhan. Mereka hanya nampak terlihat rohani dari luar, tetapi sesungguhnya firman Tuhan tidak terlihat dalam kehidupan mereka secara nyata. Kata Tuhan, “mereka sangat senang mengembara dan tidak menahan kakinya.” Kelakuan yang semacam ini ada istilahnya, yaitu “tidak punya integritas.” Integritas itu artinya kata dan perbuatan sejalan atau tidak bertolak belakang. Karena itu pantaslah bangsa Israel disebut sebagai bangsa yang tidak memiliki integritas.

 

Realita yang terjadi di tengah kehidupan bangsa Israel secara tidak langsung dipengaruhi oleh para pemimpin mereka. Pemimpin Israel atau para nabi mereka dikatakan oleh Tuhan bahwa mereka tidak pernah memberitakan firman Tuhan dengan benar. Mereka lebih suka memakai pikiran mereka sendiri dengan mengatas-namakan Tuhan. Padahal Tuhan sendiri tidak berkata begitu. Kelakuan ini jelas menyimpang dari kebenaran. Perilaku para pemimpin bangsa Israel membuat Tuhan marah sehingga Tuhan merancang hukuman atas bangsa Israel.

 

Apa yang selama ini mereka lakukan akan mereka rasakan akibatnya. Seperti pepatah yang mengatakan “siapa yang menabur angin, akan menuai badai.” Israel dan para pemimpinya akan menerima badai akibat dosa mereka. Hari ini, mari kita belajar untuk hidup berintegritas dan tidak menyimpang. Apa yang telah kita dengar dan kita akui sebagai kebenaran, mari kita terapkan. Kalau “ya” katakan “ya”, kalau “tidak” katakan “tidak” dan jangan sebaliknya.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Allah yang baik urapi aku senantiasa dengan kuasa Roh-Mu agar aku mampu menjadi teruna Kristiani yang berintegritas.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon