KUATKANLAH, JANGAN TAKUT ALLAH SETIA BERSAMAMU!

Yesaya 35:1-4

1 Padang gurun dan padang kering akan bergirang, padang belantara akan bersorak-sorak dan berbunga; 2 seperti bunga mawar ia akan berbunga lebat, akan bersorak-sorak, ya bersorak-sorak dan bersorak-sorai. Kemuliaan Libanon akan diberikan kepadanya, semarak Karmel dan Saron; mereka itu akan melihat kemuliaan Tuhan, semarak Allah kita. 3 Kuatkanlah tangan yang lemah lesu dan teguhkanlah lutut yang goyah. 4 Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!”

Bagaimana perasaan kita dalam situasi udara yang begitu panas? Pastinya kita akan kehausan. Hal yang sangat membahagiakan adalah ketika kita bisa mendapatkan air yang sangat membantu untuk melegakan dahaga kita. Bicara tentang situasi kehidupan yang mengalami kekeringan dan dahaga merupakan gambaran kehidupan bangsa Israel pada saat mereka melanggar kehendak Tuhan. Dalam situasi itulah mereka membutuhkan kelegaan.

Sobat Teruna, teks kita menggambarkan kehidupan bangsa Israel ibarat padang gurun, padang kering dan padang belantara. Namun ketika telah mengalami pemulihan dari Tuhan, maka padang gurun, padang kering dan belantara itu berubah menjadi kesuburan Libanon, Karmel dan Saron. Melalui teks ini, Yesaya hendak menyampaikan kabar sukacita tentang datangnya Penyelamat dunia. Penyelamat yang akan memberikan pemulihan dan membebaskan setiap manusia dari kegelapan dosa. Penyelamat itu adalah Allah sendiri yang datang untuk memberikan pemulihan melalui kehadiran Sang Mesias yaitu Yesus Kristus. Karena itu di tengah berbagai kesulitan yang ada, Yesaya menguatkan kita untuk jangan takut karena Allah selalu setia bersama kita.

Sobat, Allah itu setia memulihkan kehidupan kita. Pertanyaannya adalah apakah kita setia untuk memanfaatkan pemulihan hidup yang Allah berikan itu dengan selalu hidup sesuai kehendak-Nya? Atau ternyata kita belum sungguh hidup setia kepada-Nya? Hari ini di minggu penantian akan hadirnya Sang Mesias, mari bangkit dan berani keluar dari kehidupan duniawi kita. Ingatlah bahwa kelegaan itu hanya dapat kita rasakan saat kita hidup bersama Sang Mesias. Marilah saling menguatkan satu dengan yang lain agar hidup kita tetap setia melakukan kehendak-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Menanti kehadiran-Mu adalah kerinduanku ya Yesus Sang Mesias, karena aku percaya, bersama-Mu aku kuat.