DATANGNYA KEADILAN ALLAH

Yesaya 66:15-17

15 Sebab sesungguhnya, Tuhan akan datang dengan api, dan kereta-kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api. 16 Sebab Tuhan akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh Tuhan akan banyak jumlahnya. 17 Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang-binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman Tuhan.

Apa yang akan kita lakukan ketika ada orang yang selalu menindas hidup kita bahkan mengancam kehidupan kita sehingga hidup kita selalu mengalami penderitaan? Sebagai manusia pasti kita ingin sekali membalas dendam supaya orang tersebut merasakan hal yang sama dengan apa yang telah kita alami. Pertanyaannya apakah hal itu boleh dilakukan? Jawabannya cukup singkat. Jika hal tersebut kita lakukan, tanpa disadari tindakan kita menunjukan sikap orang yang tidak percaya bahwa Allah itu selalu bertindak secara adil!

Sobat Teruna, selama satu minggu ini kita telah belajar tentang kasih Allah yang begitu besar dinyatakan melalui pemulihan kehidupan bagi semua umat ciptaan-Nya. Namun di bagian terakhir minggu ini kita belajar bahwa Allah tidak hanya memberikan pemulihan hidup bagi umat-Nya, melainkan Allah juga akan bertindak dengan mengadakan penghukuman bagi mereka yang selalu menindas orang lain. Penghukuman-Nya akan datang pada waktu-Nya bagi mereka yang selalu hidup melawan kehendak-Nya.

Pada bagian ini, nabi Yesaya mau memberikan kita kekuatan meskipun ada begitu banyak orang yang menindas kita, menekan kita bahkan menyakiti serta mengancam hidup kita. Jangan takut karena Allah yang kita kenal dan sembah akan bertindak memberikan penghukuman yang setimpal dengan apa yang telah mereka lakukan. Karena itu tetaplah setia melakukan yang menjadi tugas dan tanggungjawab kita. Percayalah bahwa Allah akan melakukan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab-Nya secara adil. Karena itu tetaplah bersukacita meskipun di tengah ketertindasan hidup kita, sebab karya keadilan Allah akan selalu dinyatakan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, terima kasih sudah menyertaiku di saat suka maupun duka. Ajar aku untuk belajar percaya bahwa Tuhan selalu bertindak tepat pada waktu-Nya.