YESUS DIBAPTIS

26 Dec 2018

Matius 3:13-15

 

13 Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. 14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: “Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?” 15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Dan Yohanes pun menuruti-Nya.

 

Seorang anak bertanya kepada papanya, “Pa, mengapa Tuhan Yesus dibaptis? Tuhan Yesus khan Tuhan. Jadi tidak perlu dibaptis lagi”. Lalu papanya menjawab bahwa kehadiran Tuhan Yesus ke dunia menandakan cinta kasih Allah kepada manusia. Tuhan hadir sebagaimana manusia hadir di dunia. Ini berarti, dalam iman Yesus melakukan pembaptisan sebagaimana orang percaya memperoleh baptisan sebagai tanda persekutuan dengan Allah. Yesus dibaptis menandakan karya keselamatan Allah akan segera digenapi.

 

Yesus datang kepada Yohanes untuk dibaptis. Yang terjadi setelah Yesus dibaptis adalah langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Setelah itu ada suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi. Kepada-Nyalah Aku berkenan.” (lihat ay 16-17). Peristiwa ini merupakan bukti bahwa Yesus sungguh Anak Allah yang diutus ke dunia untuk menyatakan kehendak Bapa menyelamatkan umat manusia.

 

Sobat Teruna, apakah sudah dibaptis? Ketika masih kanak-kanak orangtua membawa kita untuk menerima baptisan. Ini berarti kita menjadi bagian dalam kerajaan dan kemuliaan Allah. Kita satu dalam persekutuan dengan Allah. Dengan harapan hidup dan kehidupan kita akan menunjukkan dan melakukan setiap kehendak Allah. Baptisan membuat kita tercatat sebagai anak-Nya yang kekal. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kasih Allah atas diri kita. Jangan merusak apa yang sudah diberikan-Nya. Pakailah tubuh dan jiwa hanya untuk kebesaran dan kemuliaan nama-Nya. Melakukan kehendak Tuhan membuat hati damai. Damai karena Tuhan memberkati diri kita atas perbuatan memuliakan nama-Nya. Dan Tuhan pun senang melihat anak-anak-Nya berada dalam kesetiaan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Bapa, aku memuji-Mu karena aku menjadi bagian kemuliaan dan kerajaan-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon