KAMU TIDAK DIHUKUM LAGI

31 Dec 2018

Yesaya 40:1-2

 

Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian firman Allahmu, tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan Tuhan dua kali lipat karena segala dosanya.

Dikeluarkan dari sekolah adalah sanksi terberat. Tidak ada orang tua yang mau anaknya dikeluarkan dari sekolah karena itu adalah masalah besar. Sesungguhnya, pindah sekolah tidak serta merta menyelesaikan persoalan. Tekad siswa untuk berubah dan tidak ingin mengulangi perbuatan yang membuatnya diberi sanksi, itulah yang akan menyelesaikan masalah. Sebab, bagaimana pun seseorang akan menghadapi sanksi yang sama jika terus mengulang perbuatannya.

 

Israel, adalah umat pilihan Allah yang sangat Allah kasihi. Tetapi mereka selalu jatuh dalam dosa yang sama, yakni penyembahan berhala yang adalah kekejian bagi Allah. Nabi-nabi yang Dia utus untuk memperingatkan mereka, dianiaya bahkan dibunuh. Maka, Allah menghukum mereka. Hukuman itu Allah sampaikan melalui nabi Yeremia. Mungkin inilah hukuman paling berat bagi umat-Nya. Mereka dibuang sebagai budak ke negeri orang selama 70 tahun, jauh dari negeri mereka yang berlimpah susu dan madu. Tuhan memusnahkan mereka kurang lebih satu generasi dengan hukuman itu. Dikatakan, mereka dihukum dua kali lipat! (Baca: Yeremia 16:13, 18; Yeremia 25:11-14.) Namun, Allah berjanji bahwa setelah 70 tahun Ia akan membawa mereka kembali ke Yerusalem (Yer. 29:10-11). Ia pun menepati janji-Nya. Melalui nabi Yesaya, Allah menghibur umat-Nya. Bahwa hukuman mereka telah berakhir, bahwa mereka telah diampuni, setelah menjalani hukuman yang berat itu.

 

Sobat Teruna, Tuhan Allah sangat mengasihi kita. Ia telah memberikan Yesus Kristus, Anak-Nya, agar di dalam Dia kita beroleh pengampunan dosa dan dibebaskan dari hukuman dosa serta hukuman maut. Bersama Yesus kita menjalani hidup baru, yakni hidup yang menyukakan Allah, yang selalu melakukan firman-Nya dalam pimpinan Roh Kudus. Demikianlah hidup orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Terima kasih ya Allah atas kasih dan setia-Mu dalam kehidupan umat-Mu. Engkau mengampuni dan membebaskanku dari hukuman dosa dan hukuman maut. Semangati aku untuk selalu hidup dalam firman-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon