BERIBU-RIBU KATA YANG TIDAK DIMENGERTI ITU MEMBUANG WAKTU


I Korintus 14 : 18-19

18 Aku mengucap syukur kepada Allah, bahwa aku berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari pada kamu semua. 19 Tetapi dalam pertemuan Jemaat aku lebih suka mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti untuk mengajar orang lain juga, dari pada beribu-ribu kata dengan bahasa roh.

Bila menyaksikan film-film yang dibuat oleh negara-negara lain, bisa dipastikan bahwa film itu disertakan dengan teks terjemahan di bagian bawahnya. Tujuannnya adalah agar penonton dapat menikmati jalan cerita film tersebut.

Woku masih ingat kekesalan Pangi. Kemarin Pangi mengunduh film Avengers: Infinity War dari internet. Setelah proses unduh yang berjam-jam, film itu pun siap ditonton. Namun, film unduhan itu sama sekali tidak memuat teks terjemahan. Padahal bahasa Inggris Pangi cuma sebatas ‘thank you’ saja; itu pun dengan pengucapan yang salah. Akibatnya lebih dari dua jam mereka cuma menebak-nebak omongan karakternya. Benar-benar aktivitas yang membuang waktu, kata Pangi.

Paulus pun mengingatkan jemaat di Korintus. Bahasa roh yang diucapkan terus menerus dalam sebuah ibadah tidak memberikan faedah apa pun bagi pendengarnya, bagi umat yang hadir dalam ibadah tersebut. Semua orang merasa asing dengan bahasa tersebut karena mereka tidak memahami makna bebunyian yang dihasilkan.

Bagi Paulus, lebih baik mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti dengan baik daripada beribu-ribu kata-kata yang hanya membuat orang lain mengerutkan kening karena tidak mengerti. Walaupun hanya lima kata, namun jika memiliki pesan yang kuat dan dapat dimengerti, hal itu sudah lebih dari cukup.

Sobat Teruna, dalam pergaulan sehari-hari, perkataan yang mudah dimengerti merupakan sebuah kemutlakan. Ketika perkataan kita tidak dapat dimengerti oleh orang lain, dan kita tetap bertahan dengan perkataan yang sulit dimengerti itu, maka kita telah menyia-nyiakan waktu yang dimiliki oleh orang lain. Padahal dia bisa melakukan yang lebih baik lagi dibandingkan mendengar kata-kata kita. Mungkin dia bisa mengerjakan hal-hal yang jauh lebih memuliakan Tuhan di dalam hidupnya

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, ingatkanlah aku untuk menghargai waktu dan kesempatan yang dimiliki oleh setiap orang di sekitarku.