TUHAN MELIHAT IMANMU


Lukas 21 : 1-4

1 Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. 2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. 3 Lalu Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. 4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.”

Dalam bacaan kita hari ini, diceritakan bahwa Tuhan Yesus melihat seorang janda miskin memberikan dua peser ke dalam peti persembahan. Di ayat selanjutnya Tuhan memandang persembahan janda tersebut sebagai persembahan yang sangat berlimpah.

Sobat Teruna, kalau melihat dua peser persembahan yang diberikan, apabila dikonversi ke dalam mata uang Rupiah kita, bisa jadi hanya berupa recehan saja. Tetapi apa yang Tuhan lihat? Ternyata bukan jumlahnya. Bukan karena makin banyak yang diberikan maka itulah yang paling berkenan di hadapan Tuhan. Tuhan melihat apa yang diberikan janda itu adalah suatu persembahan yang berlimpah? Mengapa begitu?

Persembahan adalah suatu pemberian sebagai tanda ucapan syukur dari berkat yang sudah Tuhan berikan. Yang menjadi ukuran bukanlah berapa banyaknya tetapi motivasi di balik pemberian persembahan itu. Biasanya orang memberikan persembahan dari sisa kelebihan yang dimilikinya, tetapi janda ini memberikan dari kekurangannya, dari semua yang dimilikinya. Dengan memberikan semua yang dipunyainya, janda miskin itu tak kuatir akan kekurangan atau semakin miskin. Perempuan tersebut memiliki iman bahwa Tuhan akan sanggup memeliharanya dari hari ke hari. Imannya memberikan dia kekuatan dan keteguhan hati untuk percaya bahwa Tuhan ada dalam kehidupannya.

Sobat Teruna, marilah belajar dari iman janda miskin ini. Tuhan sanggup memelihara kehidupan kita, Dia tidak akan membiarkan kita. Berikanlah seluruh hati, pikiran dan persembahan yang terbaik bagi Tuhan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, aku bersyukur untuk berkat yang Engkau berikan dalam kehidupanku. Sekarang aku mau memercayakan hidupku ke dalam tangan-Mu saja karena Engkaulah Bapa yang memeliharaku.