PRAISE THE LORD


Kisah Para Rasul 16 : 19-24

19 Ketika tuan-tuan perempuan itu melihat, bahwa harapan mereka akan mendapat penghasilan lenyap, mereka menangkap Paulus dan Silas, lalu menyeret mereka ke pasar untuk menghadap penguasa. 20 Setelah mereka membawa keduanya menghadap pembesar-pembesar kota itu, berkatalah mereka, katanya: “Orang-orang ini mengacau kota kita ini, karena mereka orang Yahudi, 21 dan mereka mengajarkan adat istiadat, yang kita sebagai orang Rum tidak boleh menerimanya atau menurutinya.” 22 Juga orang banyak bangkit menentang mereka. Lalu pembesar-pembesar kota itu menyuruh mengoyakkan pakaian dari tubuh mereka dan mendera mereka. 23 Setelah mereka berkali-kali didera, mereka dilemparkan ke dalam penjara. Kepala penjara diperintahkan untuk menjaga mereka dengan sungguh-sungguh. 24 Sesuai dengan perintah itu, kepala penjara memasukkan mereka ke ruang penjara yang paling tengah dan membelenggu kaki mereka dalam pasungan yang kuat.

Mengapa Paulus dan Silas tidak lari saja ketika pintu penjara terbuka dan belenggu mereka terlepas? Bukankah itu kesempatan yang bagus? Mereka bisa bebas. Tapi mereka tidak melakukan itu.

Sobat Teruna, keserakahan bisa menumpulkan pikiran orang-orang yang tamak dan pada akhirnya merancangkan tipu muslihat untuk mencelakakan orang lain. Betapa ngeri hal seperti itu. Paulus dan Silas adalah korban fitnah orang-orang yang tamak. Namun iman mereka tidak menyurutkan niat pelayanan mereka. Paulus dan Silas tidak mau lari karena mereka ingin membuktikan bahwa mereka bukan tahanan sekaligus ingin membuktikan imannya. Puji-pujian serta doa dinaikkan dengan sungguh.

Setiap kehidupan kita adalah pelayanan kita. Kehidupan pelayanan tidak akan pernah lepas dari tantangan dan hambatan. Seringkali rasa takut mendominasi ketika tantangan itu menghimpit sedemikian rupa. Sobat Teruna, jangan lupa ada Tuhan yang siap memberikan jawaban hidup kita, asal kita melakukan ketaatan dan kesetiaan. Ketika kita menaruh harap dan percaya pada Tuhan, maka Tuhan akan membukakan jalan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong ingatkan aku ketika aku menghadapi rasa takut, ada Engkau yang selalu besertaku dan berjalan bersamaku.