PEMBERIAN ALLAH

4 Mar 2019

Kejadian 14 : 17-20

 

 17 Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja. 18 Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi. 19 Lalu ia memberkati Abram, katanya: “Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi, 20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu.” Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya..

 

Abram baru saja selesai berperang mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bekerjasama dengannya. Ia bertemu raja Sodom dan juga raja Salem, Melkisedek. Melkisedek tidak hanya seorang raja tapi juga seorang imam Allah Yang Maha Tinggi. Melkisedek memberkati Abram. Dari berkat yang diberikannya, kita belajar bahwa kemenangan Abram adalah bukan karena usaha Abram sendiri. Kemenangan Abram terjadi karena Allah mengijinkan hal itu terjadi. Persembahan syukur Abram menunjukkan bahwa Abram sadar dan mengakui bahwa kemenangannya bukan berasal dari dirinya sendiri, pasukannya atau bantuan raja Sodom, tetapi dari Allah sendiri.

 

Sobat Teruna, pernahkah kita merasa ketika kita jago basket, juara kelas dan berprestasi di bidang apa pun, itu semua karena kerja keras dan usaha kita. Memang betul, tapi mari kita simak bacaan kita hari ini. Kita diingatkan bahwa prestasi yang kita dapatkan baik itu dalam pelajaran, olahraga atau kegiatan lainnya merupakan pemberian dari Allah. Tentu saja, ada usaha dan latihan yang sungguh-sungguh di dalamnya. Tetapi, mari mengingat kembali, di balik semua itu ada Allah yang bekerja memampukan kita untuk berusaha dan berlatih bersungguh-sungguh. Dengan mengingat hal tersebut, kita pun menjadi tidak cepat sombong. Karena kita meyakini bahwa usaha kita akan sia-sia tanpa Allah yang memberkati. Sebaliknya, kita bersyukur, dan seperti teladan Abram, kita pun belajar untuk memberikan apa yang kita miliki kepada Allah sebagai ungkapan syukur kita. Persembahan kita merupakan tanda bahwa kita mengakui kekuasaan Allah atas hidup kita.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Bapa, terima kasih untuk semua prestasi maupun keberhasilan yang boleh aku nikmati. Teirma kasih telah memampukan aku untuk mencapai semua itu. Ajar aku untuk tetap rendah hati dan segala kemuliaan dan pujian hanya bagi Allah saja.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon