SAY NO TO HOAX


Keluaran 23 : 1-3

1 “Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar. 2 Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum. 3 Juga janganlah memihak kepada orang miskin dalam perkaranya.

Di awal Oktober 2018, publik dihebohkan dengan berita seseorang diserang dan dipukuli oleh beberapa orang. Dengan lugas, seorang artis yang juga berprofesi sebagai dokter dengan spesialisasi bedah plastik menyatakan dalam akun instagram-nya bahwa apa yang dialami oleh orang tersebut bukanlah karena korban pengeroyokan namun efek dari operasi plastik. Pernyataan dokter tersebut menjadi viral di dunia maya dan menimbulkan pro-kontra. Mereka yang iba dengan keadaan “sang korban”pun membantu meyakinkan publik agar ikut prihatin tanpa melihat lagi kebenarannya. Berselang seminggu kejadian ini menjadi viral di tanah air, terjadilah pengakuan yang mengejutkan banyak pihak yaitu “sang korban” mengakui bahwa ia telah membohongi publik dan benar bahwa ia melakukan operasi plastik.

Sobat Teruna, Musa menyampaikan kepada bangsa Israel untuk mampu bersikap benar, tidak berdusta dan tidak menolong mereka yang terlibat perkara. Sebagai bangsa yang baru saja “dimerdekakan” dari penindasan di tanah Mesir, dan melihat kondisi mereka yang mudah terpedaya dengan kondisi dan emosi, maka Allah melalui Musa membuat peraturan bagi bangsa Israel untuk memperbaiki pola kehidupan mereka. Peraturan ini untuk menegaskan 10 Hukum Taurat yang Allah tetapkan bagi bangsa Israel.

Sobat Teruna, peraturan Allah ini bukan hanya bagi bangsa Israel. Dalam peraturan perundangan di setiap negara di dunia, maka pembohongan adalah bagian dari pelanggaran kehidupan yang diatur dalam undang-undang termasuk Indonesia. Hal ini memang ditegaskan melalui undang-undang karena bisa merugikan banyak pihak yang merasakan kebohongan yang tercipta. Maka, mari menyerukan say no to HOAX (=berita bohong). Sebagai anak-anak terang, apakah ada porsi hoax di dalam kehidupan kita?

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, aku memohon hikmat-Mu besertaku agar aku mampu berpihak pada yang benar dan tidak menjadi bagian dalam pembohongan.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon