CEK TOKO SEBELAH

20 Mar 2019

Imamat 25 : 14-17

 

 14 Apabila kamu menjual sesuatu kepada sesamamu atau membeli dari padanya, janganlah kamu merugikan satu sama lain. 15 Apabila engkau membeli dari sesamamu haruslah menurut jumlah tahun sesudah tahun Yobel, dan apabila ia menjual kepadamu haruslah menurut jumlah tahun panen. 16 Makin besar jumlah tahun itu, makin besarlah pembeliannya, dan makin kecil jumlah tahun itu, makin kecillah pembeliannya, karena jumlah panenlah yang dijualnya kepadamu. 17 Janganlah kamu merugikan satu sama lain, tetapi engkau harus takut akan Allahmu, sebab Akulah Tuhan, Allahmu.

 

 

Bagaimana sikap kita ketika berbelanja? Ada yang gigih keluar-masuk toko untuk mendapatkan harga yang murah. Ada yang searching ke berbagai toko virtual untuk mendapatkan pembanding. Namun, kadang ada juga yang tega menawar dengan sengit kepada seorang nenek yang sedang duduk menjajakan dagangannya di pasar, tanpa memikirkan kelangsungan hidup si nenek.

 

Apa yang Tuhan inginkan bagi kita dalam firman Tuhan hari ini? Mengajarkan mengasihi dan menghargai sesama bukan hanya sekedar mengatakan aku mengasihi kamu. Lebih dari itu, Tuhan mengingatkan bangsa Israel dan kita juga bahwa hidup yang mengasihi dan menghargai adalah hidup yang penuh pertimbangan apa yang baik nantinya bagi kita dan bagi mereka. Jangan sampai kita puas dengan apa yang kita dapatkan namun mereka yang memberikannya malah merasa rugi. Setiap orang memang ingin mendapatkan keuntungan, namun bukan hanya untuk satu pihak melainkan juga dirasakan oleh pihak lain. Ibarat timbangan, yang baik adalah timbangan yang berberat sama bukan tinggi sebelah.

 

Sobat Teruna, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mau dirugikan. Pasti akan ada konflik. Kita bisa temukan dalam berbagai kasus sosial di negeri kita, banyak sekali protes yang dikeluarkan sekelompok orang untuk menuntun keadilan. Sebagai harapan negeri, marilah kita memupuk kehidupan yang berlandaskan takut akan Tuhan dan menghargai hidup setiap orang, karena dengan demikian kita sebenarnya sudah menebarkan damai Tuhan. Kalau sampai ada yang bisa memberikan pertolongan dengan timbangan yang tidak berimbang, biarlah mereka bisa memutuskan untuk “cek ke toko sebelah” (kita) dan mendapatkan keuntungan yang berimbang saat sisi timbangan kita bergaris sama dengan mereka, yang membutuhkan pertolongan kita.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tolong aku Tuhan untuk peka melihat kebutuhan orang lain dan ajar aku untuk tidak mengambil keuntungan dari penderitaan orang lain.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon