GUNAKAN TALENTA DENGAN BAIK!


I Korintus 12 : 1-6

1 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya. 2 Kamu tahu, bahwa pada waktu kamu masih belum mengenal Allah, kamu tanpa berpikir ditarik kepada berhala-berhala yang bisu. 3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus. 4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. 6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

Bu Anna mengatakan kepada ibunya kalau Shelo akan mengikuti lomba story telling di sekolahnya tentang kegemaran atau hobby. Ibunya bertanya kepada bu Anna, kenapa Shelo diikutsertakan dalam lomba tersebut. Lalu bu Anna menyampaikan jika Shelo diiukutsertakan agar supaya kemampuan setiap anak bisa dikembangkan. Kalau hanya satu orang atau yang itu-itu saja maka nanti yang lain tidak mendapatkan kesempatan untuk berkembang. Setiap anak punya kemampuan atau talenta yang berbeda-beda sehingga harus dikembangkan.


Firman TUHAN pada saat ini mengingatkan kita bahwa jemaat di Korintus harus mengetahui kebenaran dari karunia-karunia Roh. Roh Allah itulah yang memampukan manusia untuk bisa melakukan banyak hal termasuk memampukan seseorang untuk percaya dan mengakui jika Yesus Kristus itu adalah TUHAN. Rasul Paulus mengajarkan jemaat di Korintus jika ada berbagai macam karunia atau talenta yang diberikan oleh TUHAN kepada setiap orang. Karunia atau talenta yang diberikan itu harus dipergunakan untuk sesuatu yang baik untuk kemuliaan nama TUHAN.


Firman TUHAN pada saat ini ingin menyampaikan pesan kepada kita agar menggunakan talenta yang ada pada kita untuk sesuatu yang baik. Jangan menyalahgunakan talenta kita untuk sesuatu yang tidak baik. Jika TUHAN mengaruniakan padakitakemampuan bernyanyi maka pergunakanlah itu untuk memuji TUHAN. Jika TUHAN memberikan karunia untuk bisa lebih cepat mengerti pelajaran maka pergunakanlah itu untuk menolong temankitayang mengalami kesulitan saat belajar. Jika kitadikaruniakan kemampuan untuk bercerita maka berceritalah tentang Tuhan Yesus dalam hidupkita. Satu hal yang pasti, apapun karunia atau talenta yang ada padakitatetaplah rendah hati karena semuanya berasal dari TUHAN.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, mampukan aku untuk bisa menggunakan karunia yang ada padaku untuk kemuliaan-Mu.