BANGUNLAH SOLIDARITAS!


I Korintus 12 : 24-26

24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, 25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. 26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.

Di Banda Aceh ada kendaraan umum yang disebut Trans Koetaradja, mirip dengan Trans Jakarta. Mungkin bedanya di Jakarta saat menaikinya harus membayar pada loket yang tersedia di setiap shelter. Tapi kalau di Banda Aceh setiap orang yang naik tidak dipungut biaya alias gratis. Enak kali lah, naik kendaraan umum tidak dipungut biaya. Masih sama dengan Trans Jakarta, Trans Koetaradja juga memiliki fasilitas bagi disabilitas khususnya pengguna kursi roda dan juga ibu hamil atau orang tua. Fasilitasnya berupa space khusus untuk mereka supaya mereka bisa duduk dengan nyaman.


Firman Tuhan pada saat ini mengingatkan kita bahwa TUHAN menyusun anggota tubuh dengan begitu rupa dan kepada anggota tubuh yang kurang mulia diberikan penghargaan khusus supaya tidak menimbulkan perselisihan. Tidak ada yang lebih istimewa karena setiap anggota punya tugas dan fungsinya masing-masing. Di dalamnya juga disampaikan bahwa jika anggota tubuh yang satu menderita maka anggota tubuh yang lainnya juga ikut menderita. Ada rasa senasib sepenanggungan, solidaritas antara anggota tubuh yang satu dengan yang lainnya.


Sobat Teruna, membangun rasa solidaritas itu yang Allah mau! Memiliki kepedulian kepada orang lain dan mau ikut merasakan penderitaan orang lain. Memiliki empati terhadap mereka yang mengalami kesusahan. Kepeduliaan itu bukan hanya bicara soal rasa solidaritas kita terhadap orang lain,tetapi mau belajar meneladani Tuhan Yesus yang sudah mati untuk menebus semua dosa-dosa kita. Kepedulian, rasa empati atau solidaritas bagi orang percaya adalah ketika kita mau turut merasakan derita dan kesulitan bagi mereka dan membantu untuk meringankan beban yang dialami. Karena itu mari bangun solidaritas sesuai yang Tuhan Yesus teladankan!

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, ajarkan aku untuk bisa selalu meniru Engkau dalam hidupku.