WALK THE TALK


I Tesalonika 4 : 9-10

9 Tentang kasih persaudaraan tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri telah belajar kasih mengasihi dari Allah. 10 Hal itu kamu lakukan juga terhadap semua saudara di seluruh wilayah Makedonia. Tetapi kami menasihati kamu, saudara-saudara, supaya kamu lebih bersungguh-sungguh lagi melakukannya.

Dari sekian banyak faktor yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin, ternyata keteladanan merupakan salah satu hal utama. Belajar dari contoh atau teladan yang baik itu jauh lebih efektif daripada seribu perintah yang hanya diucapkan lewat kata-kata. “Walk the talk” adalah ungkapan dalam bahasa Inggris yang sangat tepat menggambarkan hal ini, yang jika diterjemahkan dalam makna sederhana berarti “jalankan apa yang dikatakan”.


Pola “Walk the talk” ini juga yang dilakukan oleh Tuhan kita Yesus Kristus. Ketika Yesus memerintahkan kita untuk mengasihi, Dia terlebih dahulu menunjukan perbuatan kasih yang sempurna kepada setiap orang. Bahkan kasih-Nya itu tinggi melampui akal sehat manusia. Dia rela mati dan bangkit bagi kita di supaya kita tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal (Yohanes 3 : 16).


Sobat Teruna, kasih Yesus inilah yang diharapkan Paulus menjadi contoh bagi jemaat di Tesalonika dalam membangun kasih persaudaraan (ayat 9). Kasih yang tulus, tanpa pamrih dan rela berkorban. Kasih yang sama pula harus kita tunjukkan kepada orang lain di sekitar kita. Kepekaan dan kepedulian hanya ada di setiap hati orang-orang yang meneladani kasih Kristus sepenuhnya.


Kasih itu universal, artinya berlaku untuk semua orang tanpa pandang bulu. Paulus juga menghendaki jemaat di Tesalonika mengasihi saudara-saudara di seluruh Makedonia tanpa terkecuali (ayat 10). Semua orang berarti termasuk orang-orang yang membenci kita. Jika kita hanya mengasihi orang yang mengasihi kita bukankah orang berdosa juga melakukan hal yang sama? (Lukas 6 : 32). Lakukanlah tindakan kasih lebih sungguh hari demi hari, sehingga kita mempunyai kasih yang sempurna seperti Kristus.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, ajarkan aku untuk bertekun melakukan kasih yang tulus seperti yang Engkau lakukan setiap hari.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon