LIFE STYLE


I Timotius 4 : 1-16

1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan 2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka. 3 Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran. 4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur, 5 sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa. 6 Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti selama ini. 7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. 8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. 9 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya. 10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya. 11 Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu. 12 Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. 13 Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar. 14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua. 15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang. 16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Media sosial merupakan media yang menyebarkan informasi dengan cepat dan dapat diterima banyak kalangan, termasuk para remaja. Apa yang ada di dalamnya, dapat ditiru oleh remaja-remaja yang menganggap hal tersebut keren. Misalnya saja menjadi vlogger sehingga banyak orang bercita-cita menjadi vlogger / youtuber sukses. Selain itu, gaya berpakaian atau penampilan, gaya pertemanan dan pacaran. Banyak yang menerima dan meniru tanpa dipikir panjang terlebih dahulu. Oleh sebab itu, mungkin kamu juga pernah mendengar ungkapan: “Anak-anak jaman sekarang sangat berbeda dengan jaman dulu.”


Rasul Paulus memberi nasehat mengenai gaya hidup yang benar untuk anak rohaninya, yaitu Timotius. Gaya hidup ini harus dilaksanakan agar dapat menghadapi tantangan dalam pelayanannya, salah satunya yaitu ajaran sesat. Gaya hidup itu adalah melatih diri beribadah. Timotius dilatih untuk beribadah, walaupun kekuatan badannya terbatas. Akan tetapi, ibadah yang dilakukan mengandung janji untuk masa depan (ayat 8) dan menjadi keselamatan untuk diri sendiri beserta orang yang dilayani (ayat 16). Dengan latihan badan, kamu akan mendapatkan kekuatan yang baik dan tidak mudah terkena penyakit. Apalagi kalau latihan badan untuk beribadah, maka kamu tidak mudah terkena ajaran-ajaran sesat.


Tekun beribadah kepada Tuhan akan mempengaruhi gaya hidup kamu. Jika semakin dekat kepada Tuhan, maka kamu akan mengenal sikap hidup yang benar. Dengan demikian, walaupun masih muda, kamu dapat menjadi teladan melalui perkataan, perbuatan dan dalam seluruh kebaikan kita (ayat 12). Marilah mengisi masa remaja kita dengan gaya hidup yang benar dan jangan disia-siakan. Apa yang kita perbuat di masa saat ini, akan membentuk pribadi kita di masa yang akan datang.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, mampukan aku untuk dapat memiliki gaya hidup yang benar, yaitu gaya hidup yang mendekatkanku dengan-Mu setiap hari.