HIDUP ADALAH IBADAH


Mazmur 100 : 1-5

1 Mazmur untuk korban syukur.Bersorak-soraklah bagi Tuhan, hai seluruh bumi! 2 Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai! 3 Ketahuilah, bahwa TUHANlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya. 4 Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya! 5 Sebab Tuhan itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

Kapankah kamu beribadah kepada Tuhan? Setiap pagi dalam saat teduh dan IHMPT saja? Tahukah kamu, bahwa di dalam penjelasan tata ibadah GPIB, ibadah terbagi menjadi dua, pertama ritual dan aktual. Ritual itu adalah perayaan ibadah yang dilakukan, misalnya IHMPT. Aktual adalah tindakan nyata yang dilakukan sebagai hasil dari ibadah ritual. Oleh sebab itu, orang yang beribadah kepada Tuhan dapat dikatakan juga sebagai seorang pelayan Tuhan. Mengapa? Karena di dalam ibadah, orang tersebut sesungguhnya sedang melayani Tuhan.


Mazmur 100 mengajak seluruh ciptaan untuk beribadah kepada Tuhan karena Dialah Pencipta yang penuh dengan kasih setia. Oleh sebab itu, seluruh ciptaan patut untuk bersyukur dan memuliakan-Nya melalui ibadah. Kamu dapat sekolah, memiliki keluarga yang menyayangi, memiliki teman, memiliki benda-benda kesayangan dan banyak hal lainnya. Kamu patut bersyukur kepada Tuhan yang memberikan itu semua, melalui ibadah. Selain itu, ketika ibadah, seluruh ciptaan memuji kebesaran karya-Nya. Mereka menyadari bahwa Dialah alasan seluruh ciptaan hidup dengan fungsi masing-masing. Ketika seluruh ciptaan menjalani fungsinya masing-masing, hal itu juga merupakan ibadah kepada Tuhan.


Ibadah sangat penting dilakukan bagi umat yang percaya kepada Tuhan. Di dalam ibadah, kamu sedang menjalin komunikasi yang kuat dengan Tuhan sang pemilik kehidupan, yang paling tahu tentang kamu. Coba kamu bayangkan bahwa Tuhan selalu menunggu kamu untuk datang kepada-Nya dalam ibadah. Tuhan selalu kangen untuk bertemu denganmu. Tuhan senang melihat anak-Nya bersukacita dan mengungkapkan terima kasih atas penyertaan-Nya. Jadilah remaja Tuhan yang selalu beribadah kepada Tuhan, terutama melalui tindakan dan perkataan.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Allah Bapa di sorga, aku mau terus beribadah untuk memuji dan memuliakan Engkau, karena Engkau sungguh baik bagiku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon