PERTOLONGAN TUHAN TEPAT WAKTU


Yohanes 21 : 1-6

1 Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut. 2 Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang murid-Nya yang lain. 3 Kata Simon Petrus kepada mereka: “Aku pergi menangkap ikan.” Kata mereka kepadanya: “Kami pergi juga dengan engkau.” Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa. 4 Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. 5 Kata Yesus kepada mereka: “Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?” Jawab mereka: “Tidak ada.” 6 Maka kata Yesus kepada mereka: “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh.” Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.


Pernahkah sobat Teruna mengalami kesulitan di sekolah, dalam belajar, dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah atau saat mengerjakan soal-soal ujian? Kita semua pernah mengalaminya. Kita juga pernah mengalami kesulitan saat belajar naik sepeda, bahkan mungkin pernah jatuh. Demikian juga saat belajar berenang, sempat beberapa kali terminum air kolam. Apa pun yang kita lakukan, pasti ada kesulitan yang kita hadapi.


Sobat Teruna, bacaan kita hari ini tentang Tuhan Yesus yang menampakkan diri kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias. Saat itu murid-murid Tuhan Yesus pergi menangkap ikan, tetapi sampai malam hari mereka tidak mendapatkan apa-apa. Maka kata Tuhan Yesus kepada mereka: “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh.” Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan. Bacaan ini menjelaskan bahwa pertolongan Tuhan Yesus itu tepat waktu. Mungkin bagi murid-murid yang sudah mencari ikan seharian, menunggu terlalu lama, baru mereka mendapat pertolongan. Begitu juga dengan kita. Kita sering mengharapkan bantuan dari orang lain, juga bantuan Tuhan sesegera mungkin. Padahal terkadang kita merasa kita sanggup mengerjakan sendiri dan membanggakan diri kita. Saat sudah kesulitan, baru kita memohon pertolongan Tuhan.


Sobat Teruna, semua hal dalam hidup, kita membutuhkan pertolongan Tuhan. Tuhan akan menolong kita, tetapi bukan sesuka kita kapan waktunya dan bagaimana caranya. Pertolongan Tuhan selalu tepat pada waktu-Nya dan sesuai cara-Nya. Mari kita mengandalkan Tuhan dalam semua kegiatan kita, di sekolah, di rumah, di mana saja kita berada.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus yang baik, jadikan aku anak yang selalu mengandalkan Engkau dalam seluruh kegiatanku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon