APAKAH ENGKAU MENGASIHI TUHAN

25 Apr 2019

 

Yohanes 21 : 15-19

15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” 16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” 17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku. 18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki.” 19 Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: “Ikutlah Aku.”

 

 

Apakah yang terjadi jika di dalam keluarga hubungan antara anak dan orang tua, atau kakak dengan adik tidak saling mengasihi? Akan mudah sekali untuk bertengkar, tidak rukun bahkan keributan gampang terjadi. Pernahkah kita melihatnya di sekeliling kita, di tetangga kita, atau mungkin bisa di rumah kita sendiri? Terjadi keributan yang tidak perlu. Sikap saling mengasihi sangat dibutuhkan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

 

Sobat Teruna, dalam bacaan Alkitab hari ini kita belajar tentang mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Tuhan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Bacaan ini mengajarkan kita bahwa salah satu cara mengasihi Tuhan adalah lewat mengasihi sesama (domba-domba-Nya). Kita menolong, menuntun, mengarahkan orang lain agar percaya dan mengasihi Tuhan. Tidak usah jauh-jauh, dimulai dari orang-orang atau teman-teman yang dekat dengan kita. Kita menjadi contoh dengan mempraktekkan sikap saling mengasihi dalam keluarga kita dan dengan teman-teman kita. Kita menjadi pendamai bagi saudara dan teman-teman kita.

 

Sobat Teruna, apakah engkau mengasihi Tuhan? Jawaban kita pasti: iya! Tetapi apakah kita sudah melakukan hal-hal yang Tuhan inginkan? Apakah kita juga sudah mengasihi sesama kita? Masih banyak yang belum kita lakukan, untuk itu mari kita lakukan dengan sungguh-sungguh. Saling mengasihi akan membawa kedamaian dalam hidup kita, baik dalam keluarga maupun dengan orang lain.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, ajarlah aku untuk selalu mengasihi-Mu dan sesama manusia.

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon