PERSAHABATAN MENDATANGKAN KESEJAHTERAAN

8 May 2019

 

I Raja-Raja 5 : 1-6

1 Hiram, raja Tirus, mengutus pegawai-pegawainya kepada Salomo, karena didengarnya, bahwa Salomo telah diurapi menjadi raja menggantikan ayahnya, sebab Hiram senantiasa bersahabat dengan Daud. 2 Lalu Salomo mengutus orang kepada Hiram dengan pesan: 3 “Engkau tahu bahwa Daud, ayahku, tidak dapat mendirikan sebuah rumah bagi nama Tuhan, Allahnya, oleh karena musuh-musuhnya memerangi dia dari segala jurusan, sampai Tuhan menyerahkan mereka ke bawah telapak kakinya. 4 Tetapi sekarang, Tuhan, Allahku, telah mengaruniakan keamanan kepadaku di mana-mana, tidak ada lagi lawan dan tidak ada lagi malapetaka menimpa. 5 Dan ketahuilah, aku berpikir-pikir hendak mendirikan sebuah rumah bagi nama Tuhan, Allahku, seperti yang dijanjikan Tuhan kepada Daud, ayahku, demikian: Anakmu yang hendak Kududukkan nanti di atas takhtamu menggantikan engkau, dialah yang akan mendirikan rumah itu bagi nama-Ku. 6 Oleh sebab itu, perintahkanlah orang menebang bagiku pohon-pohon aras dari gunung Libanon, dan biarlah hamba-hambaku membantu hamba-hambamu, dan upah hamba-hambamu akan kubayar kepadamu seberapa juga kauminta, sebab engkau tahu, bahwa di antara kami tidak ada seorang pun yang pandai menebang pohon sama seperti orang Sidon.”

 

 

Xie Xu dan Zhang Chi adalah dua remaja di China yang bersahabat. Mereka bertemu di High School Xuzhou, propinsi Jiangsu China Utara. Zhang menderita distrofi, penyakit yang menyebabkan kelemahan progresif pada otot sehingga Zhang tidak dapat berjalan. Setiap hari Xie Xu membantu dengan menggendong Zhang dari tempat tinggal mereka di asrama dekat sekolah, juga pada saat di asrama. Selama bertahun tahun hal ini berlangsung, sehingga kedua sahabat itu dapat menyelesaikan pendidikan dengan nilai yang baik dan menjadi contoh dalam masyarakat. (sumber: surya.co.id)

 

Raja Salomo mendapatkan keamanan dari Allah untuk berkarya. Persahabatan antara Raja Hiram dan Raja Salomo mendatangkan kerjasama yang baik yaitu adanya kesediaan berkorban untuk mendatangkan kesejateraan dalam membangun Bait Allah.

 

Sobat Teruna, seperti yang terjadi pada Xie Xu dan Zhang Chi yang bekerjasama untuk saling mendukung dalam mencapai masa depan, perikop ini juga mengarahkan bahwa memiliki persahabatan yang baik itu penting. Persahabatan yang baik pasti didalamnya diisi dengan hal-hal yang positif yang berdampak bagi pengembangan hidup, menciptakan karya yang berguna, meningkatkan kemampuan intelektual dan lain-lain yang bermanfaat.

 

Sobat Teruna, sejauh mana hubungan persahabatanmu? Apakah terjalin persahabatan yang baik? Apakah persahabatan diisi dengan hal-hal yang positif seperti mengadakan kelompok belajar atau kelompok hobi? Sebaiknya persahabatan diisi dengan saling membantu dan saling mendukung untuk hidup sejahtera. Tentu Tuhan akan memberkati kita dengan hal mulia bahkan menjadikan kita sahabat-Nya, seperti Tuhan Yesus katakan dalam Yohanes 15:14: “kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu“.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Jadikanlah aku seseorang yang dapat menjalin persahabatan yang baik dengan berkat yang Engkau karuniakan. Mampukanlah aku membangun kesejahteraan bersama, walaupun aku masih remaja.

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon