JAGA BUMI INI


Kejadian 1 : 26-30

26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” 27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” 29 Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. 30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.


Beberapa waktu lalu ditemukan penyu mati di pesisir di Pulau Seribu. Di dalam perut penyu itu berisi sampah plastik. Hal seperti ini sudah sering terjadi, juga di negara lain. Kejadian pasal 1 menggambarkan dunia seperti yang dikehendaki Allah, sebelum ada pengrusakan apa pun. Allah melihat bahwa semuanya itu baik lalu Allah menciptakan manusia menurut rupa-Nya. Manusia adalah ciptaan yang menerima nafas kehidupan dari Allah, juga memiliki nilai yang lenih tinggi dari mahluk lain, dan memiliki keserupaan moral dengan Allah yaitu hati yang mengasihi dan kehendak untuk melakukan yang benar. Allah memberkati manusia. Kemudian manusia mengemban tanggung jawab untuk memelihara bumi dan segala isinya dengan baik.


Lapisan ozon yang menipis, lautan yang yang tercemar, spesies yang punah, pengrusakan dan penghancuran hutan tropis, dan kerusakan pada bumi berarti rusak juga kenyamanan dan kesejahteraan manusia. Manusia tidak melaksanakan tanggung jawabnya. Dosa menyebabkan manusia tidak lagi hidup dalam kemuliaan Allah dan memenuhi maksud Ilahi. Dosa membuat manusia tidak mampu menghadirkan damai. Tetapi Allah yang adalah kasih selalu mau memperbaiki yang rusak dan memulihkan yang berdosa di dalam Yesus Kristus. Allah berkenan membaharui agar gambar dan rupa Allah dapat mencerminkan kasih, keadilan dan kebenaran yang akan memberikan kebaikan untuk kehidupan bumi dan isinya.


Sobat Teruna, hari ini Allah mengingatkan kita bahwa sebagai umat-Nya, menjaga dan memelihara keseimbangan hidup di bumi adalah tanggungjawab kita. Mari, memberi hati dan pikiran bagi Allah dan izinkan Allah membaharui kita sehingga dengan kekuatan, kemampuan dan kekuasaan yang diberikan pada kita, kita selalu berelasi dengan Allah, agar karya kita tetap berada di dalam kehendak kebenaran-Nya.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Allah yang berkuasa atas bumi dan alam ciptaan, mampukan aku untuk berjuang memperbaiki yang telah rusak di bumi ini.