JAGA KEKUDUSAN TUBUHMU!


I Korintus 6 : 12-20

12 Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun. 13 Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh. 14 Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya. 15 Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak! 16 Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: “Keduanya akan menjadi satu daging.” 17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia. 18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri. 19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!


Setiap manusia pasti memiliki tubuhnya masing-masing yang merupakan pemberian dari Tuhan Sang Pencipta. Hal ini seringkali menimbulkan dua sikap dalam kehidupan orang percaya; pertama, ada manusia yang tetap menyadari bahwa tubuh yang dimilikinya ini tetap merupakan milik Allah sehingga harus dijaga dan digunakan untuk mendatangkan kebaikan sebagaimana kehendak Allah. Namun yang kedua, ada manusia yang merasa bahwa tubuhnya adalah milik dirinya sendiri sehingga bebas untuk menggunakannya sesuai dengan kehendaknya sendiri. Bagaimana dengan sobat Teruna, masuk di bagian orang yang manakah?


Sobat Teruna, hari ini kita diingatkan bahwa tubuh kita merupakan anugerah Tuhan yang harus kita jaga dan pelihara dengan baik. Mengapa harus dijaga? Karena tubuh ini adalah bait Roh Kudus, yang artinya bahwa tubuh bukan milik kita sendiri. Pemahaman inilah yang mengingatkan sobat Teruna untuk sungguh-sungguh menjaga kekudusan tubuh yang dimilikinya. Pertanyaan: “Sudahkah sobat Teruna menjaga kekudusan tubuh yang dimiliki?”


Menjaga kekudusan tubuh, memang bukan hal yang mudah, tapi akan menjadi mudah ketika :1) Jaga hubungan baik dengan Allah dengan selalu menyediakan waktu bersekutu dengan Allah; 2) Tanamkan pemahaman bahwa tubuh kita adalah milik Allah; 3) Landaskan segala pikiran, perkataan dan perilaku hanya berdasarkan pada kehendak Tuhan melalui FirmanNya; 4) Sediakanlah waktu setiap hari sebelum tidur untuk senantiasa mengevaluasi diri atas segala pikiran, perkataan dan tindakan yang telah kita lakukan. Mari sobat teruna, selamat berjuang menjaga kekudusan tubuh kita.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, ajarku untuk tidak pernah berhenti berjuang menjaga kekudusan tubuh yang telah Engkau anugerahkan.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon