top of page

MENJADI SAKSI KRISTUS


 

Kisah Para Rasul 1 : 6-8

6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” 7 Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. 8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

 

Ditinggalkan oleh pemimpin tentu membuat kehilangan orang-orang yang menjadi bawahan atau para pengikutnya. Apalagi bila pemimpin tersebut adalah orang yang diharapkan dapat menolong atau menyelamatkan mereka, pasti rasa kuatir yang timbul dalam hati karena hilangnya pengharapan mereka mendapatkan pertolongan.


Menjelang Tuhan Yesus terangkat ke surga, para murid masih menyangka bahwa kehadiran Tuhan Yesus yang menjadi pemimpin mereka saat itu akan membebaskan mereka dari penjajahan bangsa Romawi. Sehingga pada bacaan Alkitab hari ini dari Kisah Para Rasul ayat 6, para murid memohon kepada Yesus untuk memulihkan keadaan Israel. Padahal kehadiran Tuhan Yesus di dalam dunia melakukan jauh lebih besar dari apa yang mereka inginkan, yaitu menyelamatkan mereka dari belenggu dosa dan memulihkan hidup mereka. Tuhan Yesus menegaskan langsung bahwa hanya Allah Bapa yang sanggup memulihkan Israel, menurut masa dan waktu yang ditetapkan-Nya. Tuhan Yesus pun menjanjikan Roh Kudus kepada para murid, yang memberikan kuasa kepada mereka menjadi saksi-Nya di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi (ayat 8). Kuasa Roh Kudus yang memampukan mereka dan memberikan semangat serta keberanian untuk menyampaikan berita keselamatan yang telah mereka terima kepada setiap orang yang belum pernah mendengar sehingga banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus dan diselamatkan. (Baca juga Kisah Para Rasul 2:14-40).


Sobat Teruna, Roh Kudus yang ada dalam hidup kita sebagai orang percaya juga sama seperti yang diterima oleh para murid Tuhan Yesus. Kuasa Roh Kudus yang juga memampukan untuk menjadi saksi Tuhan dimanapun kita berada. Tugas kitalah sekarang untuk menyatakan kasih-Nya dan menjadi berkat bagi sesama.


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Terima kasih Tuhan atas kuasa Roh Kudus yang memampukan aku untuk memiliki keberanian menjadi saksi-Mu dengan menjadi berkat bagi sekitarku walaupun aku masih muda.

 

bottom of page