PELAJARI FIRMAN DAN BERTINDAKLAH!

31 May 2019

 

Matius 9 : 9-13

9 Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. 10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. 11 Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?” 12 Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. 13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

 

 

Selesai mengikuti IHMPT di gerejanya, Mira langsung pulang ke rumah. Dalam perjalanan, ia berencana mampir ke warung dekat rumahnya untuk membeli beberapa camilan. Di dekat warung tersebut Mira melihat seorang bapak tua yang kesakitan sambil memegang perutnya. Ia pun menghampiri dan menanyakan keadaannya. Rupanya bapak itu sakit karena belum makan dan sedang tidak mempunyai uang. Mira pun tergerak hatinya untuk membelikan roti dan air minum untuk bapak itu, walaupun ia harus mengurangi jumlah belanjaannya, karena Mira mengingat akan firman Tuhan yang disampaikan oleh kakak layan di gereja untuk menolong orang membutuhkan pertolongan.

 

Matius, seorang pemungut cukai sedang duduk di rumah cukai, ketika Yesus melihatnya. Yesus pun mengajaknya untuk mengikut Dia dan Matius mengikuti-Nya. Bahkan Yesus juga makan di rumah Matius bersama murid-murid-Nya dan banyak pemungut cukai serta orang berdosa (ayat 10). Padahal Yesus tahu pemungut cukai atau penagih pajak bertugas memungut cukai atau pajak untuk pemerintah penjajah yaitu Romawi, bahkan sering kali memeras rakyat untuk menguntungkan diri sendiri, membuat orang Yahudi membenci para pemungut cukai. Ketika orang Farisi melihat Yesus makan bersama mereka, mereka mempertanyakannya kepada murid-murid Yesus. Karena menurut orang Farisi, Yesus seharusnya tidak boleh makan bersama mereka. Namun Yesus menjawabnya bahwa bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Bahkan di ayat 13 dikatakan, “Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

 

Sobat Teruna, seperti ilustrasi Mira, Tuhan pun menghendaki kita yang telah mendengar dan pelajari firman-Nya untuk melakukan segala perintah-Nya.

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus yang baik, ajar aku untuk melakukan firman-Mu dalam kehidupanku sehari-hari dan biarlah hidupku senantiasa memuliakan Engkau.

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon