JADIKAN "BERBAGI" VIRAL DI DUNIA!


Kisah Para Rasul 5 : 1-11

1 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah. 2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul. 3 Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? 4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.” 5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. 6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya. 7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi. 8 Kata Petrus kepadanya: “Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?” Jawab perempuan itu: “Betul sekian.” 9 Kata Petrus: “Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.” 10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya. 11 Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Istilah “anak jaman now” mungkin sudah akrab ditelinga kita. Istilah itu secara tak sadar membuat orang, berlomba-lomba menjadi yang ter-populer, paling viral, dsb. Apa lagi,saat ini segala sesuatu sangat mudah diunggah ke “MedSos”. Sayangnya, kreatifitas dan perkembangan tersebut sering disalah gunakan. Orang akan cenderung membuat, hanya dirinyalah yang paling “ter” segala-galanya, sedangkan yang lain menjadi terkucilkan. Alangkah baiknya jika perkembangan itu juga diikuti dengan pemahaman dan kesadaran Firman Tuhan yang benar.


Sobat Teruna, kisah Ananias dan Safira merupakan salah satu contoh kehidupan yang viral pada jamannya. Sayangnya, kehidupan yang ditampilkan suami isteri tersebut ialah contoh yang buruk. Dikisahkan bahwa keluarga ini tidak dapat menunjukkan sikap saling berbagi. Ketika mereka menjual tanah milik mereka, keluarga ini tidak mempersembahkan seluruh hasilnya untuk dibagi sama rata kepada umat Tuhan. Mereka hanya membaginya sebagian, dan sebagian lagi hendak mereka nikmati sendiri. Padahal, para pengikut Yesus awalnya seringkali berkumpul untuk berdoa dan memecah roti. Mereka juga saling membagikan semua milik mereka, sehingga tidak ada yang kekurangan apa pun.


Itu sebabnya, bacaan hari ini mengajak kita untuk kembali sadar, bahwa hendaknya kita dapat memberikan contoh dan teladan yang baik. Biarlah kehidupan jujur dan saling berbagi yang kita jadikan viral dalam hidup ini. Ketika menggunakan “MedSos”, hendaknya bukan hanya mem-posting tentang pribadi kita, melainkan bersama mem-viral-kan aksi berbagi. Tak perlu hal yang besar, tetapi dapat dimulai dari yang kecil dan sederhana misalnya, berbagi hotspot kepada teman yang kehabisan paket data. Tentunya untuk mem-posting hal-hal yang positif ya !.. Sebab dengan berbagi, cinta kasih persaudaraan akan tumbuh, bahkan persatuan dan kesatuan akan semakin erat.



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, mampukanlah kami untuk selalu berbagi dengan tulus hati, sehingga cinta kasih persaudaraan di dunia semakin erat terjalin