AKU TAAT PADA PEMERINTAH


Roma 13 : 1-5

1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. 2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya. 3 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat. 5 Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita..

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Dulu, para pahlawan berjuang untuk menjadikan negara kita negara yang merdeka, memiliki pemerintahan sendiri. Mereka berjuang tanpa memandang suku, ras dan agama. Semua menyatu karena memiliki satu tujuan, yaitu MERDEKA. Sekarang, kita sudah memasuki usia 74 tahun kemerdekaan. Sudah memiliki pemerintahan sendiri.


Sobat Teruna, tahukah kalau pemerintah itu berasal dari Allah? Ya, pemerintah merupakan lembaga yang ditetapkan oleh Allah. Sebagaimana bangsa Israel yang memerlukan hakim-hakim untuk mengatur dan memerintah mereka, demikian pun Allah memberi kita pemerintah agar ada keteraturan di tengah dunia yang penuh kejahatan. Pemerintah dipakai Allah untuk menghukum mereka yang bersalah. Hal ini baik bagi kita agar terhindar dari kekacauan dan dosa. Bacaan kita hari ini pun meminta kita untuk takluk pada pemerintah, sebab siapa yang melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya akan mendatangkan hukuman atas dirinya. Allah memberikan mandat kepada pemerintah untuk melakukan keadilan, menghukum mereka yang bersalah serta melindungi masyarakat yang tidak melakukan kesalahan. Jadi, kalau kita berbuat baik, untuk apa kita takut kepada pemerintah?


Gimana sih cara kita taat kepada pemerintah? Kalau kita belum berusia 17 tahun, jangan mengendarai sepeda motor, karena pasti belum memiliki SIM. Kalau sudah bisa memiliki SIM, patuhilah rambu-rambu lalu lintas, tidak menyogok polisi lalu lintas di jalanan apabila kita bersalah. Dan kalau sudah 17 tahun, ikutlah Pemilihan Umum, tidak golput, dan lain sebagainya.


Namun, bagaimana bila pemerintah tidak melakukan ketetapan Allah, siapakah yang harus kita ikuti? Tentu saja kita harus lebih taat kepada Allah



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah, berilah hikmat kepada pemerintah Republik Indonesia, agar dimampukan melakukan keadilan yang telah Engkau tetapkan.