AKU MAU BEKERJASAMA


Keluaran 18 : 13-23

13 Keesokan harinya duduklah Musa mengadili di antara bangsa itu; dan bangsa itu berdiri di depan Musa, dari pagi sampai petang. 14 Ketika mertua Musa melihat segala yang dilakukannya kepada bangsa itu, berkatalah ia: “Apakah ini yang kaulakukan kepada bangsa itu? Mengapakah engkau seorang diri saja yang duduk, sedang seluruh bangsa itu berdiri di depanmu dari pagi sampai petang?” 15 Kata Musa kepada mertuanya itu: “Sebab bangsa ini datang kepadaku untuk menanyakan petunjuk Allah. 16 Apabila ada perkara di antara mereka, maka mereka datang kepadaku dan aku mengadili antara yang seorang dan yang lain; lagipula aku memberitahukan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan Allah.” 17 Tetapi mertua Musa menjawabnya: “Tidak baik seperti yang kaulakukan itu. 18 Engkau akan menjadi sangat lelah, baik engkau baik bangsa yang beserta engkau ini; sebab pekerjaan ini terlalu berat bagimu, takkan sanggup engkau melakukannya seorang diri saja. 19 Jadi sekarang dengarkanlah perkataanku, aku akan memberi nasihat kepadamu dan Allah akan menyertai engkau. Adapun engkau, wakililah bangsa itu di hadapan Allah dan kau hadapkanlah perkara-perkara mereka kepada Allah. 20 Kemudian haruslah engkau mengajarkan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan, dan memberitahukan kepada mereka jalan yang harus dijalani, dan pekerjaan yang harus dilakukan. 21 Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang. 22 Dan sewaktu-waktu mereka harus mengadili di antara bangsa; maka segala perkara yang besar haruslah dihadapkan mereka kepadamu, tetapi segala perkara yang kecil diadili mereka sendiri; dengan demikian mereka meringankan pekerjaanmu, dan mereka bersama-sama dengan engkau turut menanggungnya. 23 Jika engkau berbuat demikian dan Allah memerintahkan hal itu kepadamu, maka engkau akan sanggup menahannya, dan seluruh bangsa ini akan pulang dengan puas senang ke tempatnya.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Seringkali di sekolah, guru memberikan tugas kelompok. Namanya tugas kelompok, pastinya dikerjakan oleh seluruh anggota dalam kelompok itu. Bukan perorangan. Tugas kelompok juga membantu kita belajar bekerja sama dengan orang lain. Bayangkan kalau tugas kelompok itu dikerjakan sendirian. Pasti melelahkan, bukan?


Di sekolah juga kita sudah diajar bagaimana berorganisasi. Ada OSIS; Organisasi Siswa Intra Sekolah. Ada Pramuka, dan banyak lagi kelompok lainnya. Di dalamnya ada susunan pengurus. Itu juga sebagai tempat kita belajar mendengarkan pendapat orang lain, belajar melakukan tugas yang menjadi bagian kita dengan baik sehingga tidak mengecewakan anggota lainnya, belajar bekerjasama dan belajar mendelegasikan atau membagi tugas kita kepada teman yang lain.


Sobat Teruna, dalam bacaan kita hari ini disebutkan bahwa mertua Musa; Yitro, memerhatikan betapa lelahnya Musa harus melakukan tugasnya sendirian. Bukan hanya Musa yang kelelahan, tetapi juga bangsa Israel yang antri menunggu gilirannya bertemu dengan Musa. Sangat membuang waktu dan juga menguras energi. Yitro meminta agar Musa mengambil orang yang cakap, takut akan Allah, dapat dipercaya, benci kepada suap guna membantu Musa memimpin bangsa Israel. Perkara kecil diberikan kepada mereka dan Musa menangani perkara-perkara besar. Luar biasa pemikiran Yitro.


Semangat bekerjasama ini juga menjadi semangat bangsa Indonesia. Bangsa kita sangat terkenal dengan kegotong-royongannya. Di pedesaan dan di perkotaan. Semangat inilah yang harus terus kita jaga, karena sangat mahal harganya. Tentunya kita bergotong-royong untuk melakukan kebaikan dan kemakmuran bangsa kita. Jadilah teruna yang cakap, takut akan Allah, dapat dipercaya, benci kepada suap sehingga kita menjadi teruna yang diandalkan untuk bekerjasama.



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Allahku, pakai aku untuk menjadi bagian yang bisa diandalkan di dalam bekerjasama.